Sukses

eBay Hapus <i>Listing</i> Ponsel Yang Berisi Flappy Bird

Alasan eBay menghapus daftar lelang dan penjualan smartphone tersebut adalah karena mereka telah melanggar ketentuan jual-beli.

Setelah Flappy Bird resmi ditarik dari toko aplikasi Apple App Store dan Google Play Store oleh penciptanya, Dong Nguyen, tak lama kemudian banyak pengguna yang menawarkan smartphone yang sudah berisi game mobile tersebut di eBay dengan harga fantastis.

Padahal handset yang ditawarkan bukanlah produk baru alias `bekas pakai`. Untungnya eBay sudah menghapus semua daftar lelang dan penjualan dari smartphone dengan pre-installed Flappy Bird tersebut. Pasalnya harga yang ditawarkan tidak masuk akal.

Sebagai contoh, iPhone 5S berkapasitas 16 GB berisi Flappy Bird memperoleh penawaran harga tertinggi mencapai US$ 60 ribu atau sekitar Rp. 730 jutaan. Padahal harga normal di pasaran hanya sekitar Rp 8 juta - 11 juta.

Alasan eBay menghapus daftar lelang dan penjualan smartphone tersebut adalah karena mereka telah melanggar ketentuan jual-beli yang telah ditetapkan.

"Smartphone dan tablet harus di-restore ke pengaturan pabrik sebelum mereka menjualnya di eBay," tulis eBay melalui email yang dikirim ke beberapa penggunanya, seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (12/2/2014).

eBay juga mengeluarkan peringatan yang menyarankan untuk menghapus semua konten dari perangkat, termasuk game Flappy Bird sebelum pengguna me-listing handset yang akan dijual.

"Pastikan Anda mengikuti ketentuan yang berlaku. Jika peraturan itu dilanggar, akun yang bersangkutan akan ditangguhkan," tegas eBay.


Baca juga:
iPhone 5S Berisi Flappy Bird Dijual Rp 730 Jutaan di eBay
Resmi Ditarik, Flappy Bird `Aspal` Beredar di Google Play Store
Flappy Bird Sudah Tak Bisa di-Download, Permainan Berakhir
Mendadak Populer, Flappy Bird Cuma Beruntung Saja!
Ini Alasan Kenapa Game Flappy Bird Begitu Populer
Kisah di Balik Game 'Nyandu' Flappy Bird



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.