Sukses

Advan Bangun Pabrik Rp 1 Triliun di Semarang

Pabrik ini menghabiskan dana hampir Rp 1 triliun dan diakui menggunakan dana mandiri dari perusahaan dengan kapasitas 50 ribu unit perbulan.

Pemerintah Indonesia sedang berusaha memiliki pabrik perangkat teknologi yang beroperasi di Tanah Air. Karena itulah pemerintah membuat aturan skala minimal tingkat kadar dalam negeri (TKDN) yang harus dipenuhi oleh pembuat perangkat.

Aturan dari pemerintah itu agaknya mulai mempengaruhi perusahaan pembuat gadget. Produsen lokal, Advan mengatakan telah membangun sebuah pabrik perakitan di Semarang dengan luas 3.000 meter persegi.

"Saat ini pabrik kami yang ada di Semarang memiliki luas 3.000 m2 dan rencananya akan kami buat jadi 3 hektar. Tapi kita lakukan secara bertahap," ungkap Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan saat dijumpai tim Tekno Liputan6.com.

Pabrik yang menghabiskan dana hampir Rp 1 triliun itu diakui Tjandra menggunakan dana mandiri dari perusahaan. Fasilitas perakitan milik Advanitu sudah dapat menampung sekitar 1.500 karyawan di dalamnya.

Meskipun kapasitasnya masih terbilang kecil, Advan mengklaim bahwa kapasitas produksi pabriknya dalam sebulan mencapai 50 ribu hingga 100 ribu. "Kita akan launch ke kawan-kawan media pada bulan Mei mendatang. Nantinya kita perluas lahannya supaya bisa naikkan kapasitas ke 100 ribu sampai 300 ribu unit dalam sebulan," imbuhnya.

Pada saat ini, Advan menggunakan lokasi pabriknya hanya sekedar untuk aktivitas perakitan dengan komponen yang masih didatangkan dari luar negeri. Ke depannya, perusahaan itu akan bekerjasama dengan pabrikan lokal yang sudah bisa menyediakan komponen yang dibutuhkan Advan.

"Pemerintah sekarang menetapkan TKDN itu komposisinya sudah ada di 30%, sementara ini kami baru bisa penuhi TKDN sebesar 5%. Tapi, kami berusaha untuk memnuhi aturan itu dalam waktu yang sesegera mungkin dengan kerjasama dengan perusahaan atau pabrik lain yang memenuhi standar kami," tandas Tjandra.

Sekedar informasi, Advan sendiri sudah memiliki berbagai produk yang dipasarkan di Tanah Air. Di garis perangkat mobile Advan memiliki produk tablet maupun smartphone. Namun, vendor lokal ini juga diketahui memiliki produk notebook, monitor, dongle modem hingga USB flashdisk.

Baca juga : 
`Kualitas Gadget Lokal Tak Kalah Bagus Dibanding Global`
Advan Luncurkan Tablet Lokal Murah Pesaing iPad mini
Mantan Bos Google Beli Rumah Mewah Dekat 'Sarang Gadis Playboy'
Dilego ke Lenovo, Bos Motorola Memilih Hengkang


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini