Sukses

Link Foto Bugil Emma Watson Tebar Ancaman di Facebook

Link di Facebook itu bukan menyajikan foto bugil Emma melainkan software Trojan berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia maya sempat diramaikan dengan informasi tentang bocoran foto panas dari Emma Watson. Kini, berbagai link yang menjanjikan foto bugil dari aktris muda nan cantik itu bertebaran di Facebook.

Link yang disebarkan lewat jejaring sosial terbesar di dunia itu ternyata bukan membawa ke foto vulgar pemeran Hermione di film Harry Potter melainkan hanya sebuah jebakan. Orang-orang yang terjebak akan diminta men-download software berbahaya ke komputer mereka.

Perusahaan keamanan BitDefender mengaku sudah mengidentifikasi link yang disebar dan terlihat seperti mengarah pada video YouTube tempat foto bocor. Namun yang muncul bukanlah foto vulgar Emma melainkan software Trojan berbahaya.

Software Trojan itu akan menginfeksi komputer dan mengumpulkan data pribadi dan password yang ada di dalamnya. Berbagai data yang dikumpulkan itu kemungkinan bakalan dimanfaatkan peretas untuk melakukan kejahatan berikutnya atau menjualnya di pasar gelap.

"Semuanya dimulai dengan postingan di Facebook yang menjanjikan akan memberikan video atau foto pribadi yang bocor dari Emma Watson," kata Catalin Cosoi, Chief Security Strategist BitDefender yang dilansir laman Mirror, Senin (13/10/2014).

Para peretas itu akan mengajak penggunanya menuju laman yang memiliki tampilan seperti YouTube buatan mereka. Kemudian laman itu akan meminta penggunanya memperbarui Flash Player supaya bisa melihat video bocoran Emma, tapi sebenarnya pengguna sedang mengunduh malware ketika menyetujui melakukan pembaruan.

Tak hanya itu, perangkat lunak yang sudah terinstal di komputer bakal mem-posting link serupa secara berulang-ulang untuk menyebarkan ancaman agar semakin luas.

Link palsu YouTube itu juga bisa saja meminta untuk memasukkan nomor telepon ke situs web jika ingin mendapat video bocoran Emma. Nomor-nomor yang dimasukkan itu bakalan terdaftar pada berbagai layanan yang akan membuat tagihan membengkak dan menguntungkan para scammers.

Sebelumnya, hacker sempat membuat laman penghitung mundur untuk memberikan peringatan kepada Emma soal foto pribadinya yang akan diungkap ke publik. Namun, ancaman yang dipublikasikan beberapa pekan lalu itu hanya gertakan semata alias hoax dan berujung pada link palsu foto bugil di Facebook.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.