Sukses

Microsoft Sumbang Rp 1 Triliun Demi Anak Melek Komputer

Microsoft berkomitmen untuk menyiapkan dana US$ 75 untuk membuka akses yang lebih luas bagi anak-anak untuk mempelajari ilmu komputer.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dikabarkan telah menyiapkan dana sebesar US$ 75 juta, atau setara dengan Rp 1 triliunan sebagai investasi akses pendidikan ilmu komputer bagi anak-anak di berbagai penjuru dunia.

Investasi yang digelontorkan oleh Microsoft ini merupakan hasil kerja sama dengan YouthSpark dan akan berjalan selama 3 tahun. Melalui YouthSpark, nantinya dana tersebut akan didistribusikan dalam bentuk donasi atau bantuan ke beberapa organisasi nirlaba di seluruh dunia.

Dikutip dari laman Engadget, Jumat(18/9/2015), langkah ini diambill Microsoft sebagai respon atas masalah serius yang ada di industri teknologi, yakni rendahnya tingkat keragaman pekerja.

"Kita tidak memilki cukup orang di negara ini (Amerika Serikat) dengan kemampuan yang sesuai untuk mengisi pekerjaan di industri yang akan akan kami (Microsoft) buat," ungkap Microsoft President, Brad Smith.

Smith menambahkan, pihaknya melihat masih ada kekurangan jumlah pekerja di industri teknologi yang berasal dari kalangan Afrika Amerika, Latin, serta perempuan.

Selain dalam bentuk dana, Microsoft juga memiliki program lain yang diberi nama Technology Education and Literacy in Schools (TEALS). Program yang ditujukan untuk pelajar tingkat menengah ke atas di Amerika Serikat ini memasangkan para ahli teknologi  dengan guru-guru di sekolah untuk memberikan pengajaran tentang ilmu komputer.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.