Sukses

Rusia Ciptakan Robot Kecoa, Apa Kehebatannya?

Robot berbentuk anjing, burung, atau manusia mungkin sudah lumrah bagi kita. Tapi bagaimana dengan robot berbentuk kecoak?

Liputan6.com, Jakarta - Para insinyur di Kaliningrad, Rusia, telah mengembangkan robot kecoak yang dapat merangkak ke ruang-ruang yang sulit dijangkau untuk mengumpulkan informasi intelijen. Robot kecoak tersebut dikembangkan oleh tim ilmuwan dan insinyur di Immanuel Kant Baltic Federal University.

'Serangga' ini mampu bergerak pada kecepatan 30 sentimeter per detik dan dilengkapi dengan sensor cahaya, sensor sentuhan dan sensor nonkontak. Ketiga sensor itu memungkinkan untuk mendeteksi dan menghindari rintangan di jalan. Karena itu, robot kecoak ini dapat digunakan untuk mencari orang yang terjebak di bawah reruntuhan dalam situasi darurat.

Dengan ukuran panjang 10 sentimeter, robot kecoak ini juga dapat membawa beban seberat 10 gram di punggungnya, yang kira-kira setara dengan beban kamera pengintai kecil. Karena itu, robot yang modelnya mengacu pada spesies kecoak Amerika Selatan, Blaberus Craniefer, telah menarik minat kalangan militer.

Perancang utama dan profesor di bidang fisika robot tersebut, Alexei Belousov, mengatakan, "Pesanan pengembangan robot ini datang dari sebuah organisasi Rusia yang mengatakan bahwa robot ini harus semirip mungkin dengan kecoa sungguhan."

Akan tetapi, berdasarkan informasi yang dikutip dari Popular Science, Minggu (27/09/2015), Belousov enggan membeberkan informasi mengenai organisasi yang dimaksud.

Adapun pengembangan robot kecoak ini bukanlah yang pertama kalinya. Bulan Juli 2015 lalu sekelompok ilmuwan University of California mengembangkan robot kecoak yang bisa memanjat. Kemudian, di akhir triwulan pertama 2015, sekelompok ilmuwan Texas University pun menggarap proyek serupa.

(why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.