Sukses

iPhone 6s vs Samsung Galaxy Note 5 `Disiksa`, Siapa Paling Kuat?

Square Trade menguji mana yang lebih cepat rusak, iPhone 6s atau Samsung Galaxy Note 5.

Liputan6.com, California - Samsung dan Apple baru-baru ini meluncurkan seri smartphone anyar andalannya, Galaxy Note 5 dan iPhone 6s. Kedua gawai smartphone mewah tersebut hadir dengan segudang spesifikasi kelas `dewa` dan tentunya dibalut dengan material berkualitas, serta memiliki desain yang apik.

Kedua seri smartphone baru yang sudah dikenal menjadi rival satu sama lain ini diklaim memiliki peningkatan yang lebih baik dan kuat dari seri terdahulu, Galaxy Note 4 dan iPhone 6. Untuk membuktikan hal tersebut, perusahaan penyedia layanan garansi Square Trade menguji ketahanan iPhone 6s dan Galaxy Note 5 dengan `menyiksa` kedua smartphone ini.

Seperti yang dilaporkan laman iDigitalTimes, Jumat (2/10/2015), uji penyiksaan iPhone 6s dan Galaxy Note 5 terjadi begitu menegangkan. Keduanya harus menjalani berbagai jenis uji penyiksaan, seperti bend test (uji seberapa kuat smartphone ini bisa dibengkokkan), temperature test (seberapa lama smartphone ini bertahan dalam kondisi suhu ekstrem), dan water test (seberapa dalam smartphone ini bisa bertahan ketika direndam di dalam air).

Hasil dari uji ketahanan kedua gawai ini pun diperlihatkan dalam sebuah video berdurasi 1 menit 58 detik di channel resmi YouTube milik Square Trade.

Pada saat uji suhu ekstrem, Square Trade meletakkan kedua smartphone ini ke dalam dua tempat yang berbeda, yakni oven dan freezer. Di dalam oven yang memiliki suhu 43 derajat celcius, iPhone 6s dan Galaxy Note 5 harus bertahan selama 15 menit, keduanya lolos dan masih bisa digunakan setelah waktu berakhir. Sementara, ketika diletakkan di dalam freezer dengan suhu 0 derajat Fahrenheit, Galaxy Note 5 langsung mati sebelum 30 menit, sementara iPhone 6s bisa bertahan lebih dari 30 menit.

Dalam uji `bendability` (pembengkokan), iPhone 6s dan Samsung Galaxy Note 5 harus bisa menahan beban seberat 180 pounds. Namun, lagi-lagi iPhone 6s memenangkan kompetisi ini. Galaxy Note 5 menunjukkan adanya indikasi `bend` atau bengkok setelah menahan beban yang begitu berat.

Saat memasuki uji ketahanan air, kedua smartphone ini ditenggelamkan ke dalam air dengan kondisi musik yang menyala. Setelahnya, iPhone 6s dan Galaxy Note 5 mampu selamat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya setelah `nyemplung` ke dalam air. Uniknya, iPhone 6s memang tidak memiliki fitur waterproof, namun dalam uji coba ini smartphone besutan Apple tersebut lolos dan mampu bertahan.

Setelah melalui serangkaian uji penyiksaan yang `menyeramkan`, Square Trade menobatkan iPhone 6s jauh lebih `bandel` dibanding Galaxy Note 5. Dengan skala 1 (risiko kerusakan begitu rendah) sampai skala 10 (risiko kerusakan sangat tinggi), iPhone 6s mendapatkan skor 4.5, sementara Galaxy Note 5 mendapatkan skor 5, yang mana memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi dibanding iPhone 6s.

 

(jek/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini