Sukses

Soal Paten di Meja Hijau, Microsoft dan Google Berdamai

Microsoft dan Google Berdamai soal Masalah Paten

Liputan6.com, Jakarta - Di bawah kepemimpinan Satya Nadella sebagai CEO, Microsoft telah melakukan pendekatan yang lebih kolaboratif, antara lain melalui kerja sama dengan rival lama Microsoft, seperti Salesforce, VMware, dan Apple. Menyusul hal itu, kisah manis antara Microsoft dan raksasa mesin pencari, Google pun mulai terjalin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari PC World, Kamis (1/10/2015), Microsoft dan Google baru saja mencapai sebuah kesepakatan mengenai masalah paten. Kesepakatan tersebut menandakan pendinginan dari suasana yang memanas selama ini.

"Microsoft dan Google sangat senang mengumumkan kesepakatan tentang isu-isu paten ini. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, perusahaan akan menghentikan semua litigasi pelanggaran paten yang tertunda, termasuk kasus-kasus yang berkaitan dengan Motorola Mobility," kata mereka dalam sebuah pernyataan bersama.

Mereka juga sepakat untuk berkolaborasi sama dalam hal-hal mengenai paten dan bekerjasama untuk memberi benefit bagi pelanggannya.

Adapun perkara hukum yang telah diselesaikan, termasuk yang berkaitan dengan ponsel, video encoding, dan teknologi Wi-Fi. Namun, tidak berarti juga bahwa Microsoft telah menghentikan kampanye mereka untuk mengumpulkan royalti dari para pembuat perangkat Android terhadap dugaan pelanggaran sistem operasi mobile dari paten Microsoft.

Dari pernyataan tersebut, meski tidak jelas paten manakah yang akan dikerjakan bersama-sama oleh kedua perusahaan itu di masa depan, setidaknya kita sudah melihat tanda-tandanya. Kedua perusahaan itu awal bulan ini sepakat untuk bekerjasama (bersama perusahaan lain seperti Netflix dan Mozilla) menggarap codec video bebas royalti.

Menarik untuk diperhatikan, apakah penyelesaian ini ke depannya akan membuka peluang kerja sama lebih lebar antara Microsoft dan Google.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Microsoft adalah salah satu perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates.

    Microsoft

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

Video Terkini