Sukses

Top 5: Wanita Tewas Ditembak Karena Aplikasi Waze

Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Minggu (12/10/2015). 

1. Ikuti Arahan Waze, Wanita Ini Malah Tewas Ditembak

Aplikasi penunjuk jalan memang sangat membantu bagi banyak orang untuk menuju suatu tempat. Dengan bantuan aplikasi semacam ini pengguna bisa bepergian ke suatu tempat dengan mudah, bahkan tempat yang belum pernah dikunjungi sekalipun.
Namun, ternyata kisah berbeda dialami oleh wanita asal Brazil, Regina Murmura.

Ia tewas ditembak dalam perjalanan menuju lokasi tujuannya, ketika menggunakan aplikasi Waze untuk memberitahu rute jalan mana yang harus diambil. Rute yang diarahkan oleh Waze ternyata melewati sebuah daerah kumuh berbahaya di Favela, Brazil.

2. Menelisik Misteri UFO Terbang di Atas Permukaan Bulan

Belum lama ini, NASA secara resmi merilis kumpulan foto yang diambil para astronot saat mereka menjalani misi ekspedisi Bulan di misi Apollo yang sempat diadakan puluhan tahun yang lalu. Uniknya, beberapa dari foto tersebut memperlihatkan sebuah penampakan aneh yang (lagi-lagi) dikira Unidentified Flying Objects (UFO). Terdapat dua foto yang memperlihatkan sebuah benda melayang di atas permukaan Bulan. Penampakan tersebut muncul ketika misi Apollo 17 tengah berjalan pada 1972 silam.

Salah satu peneliti ilmu ekstraterestrial yang juga merupakan UFO enthusiast, Scott C. Waring, mengatakan bahwa kedua foto tersebut memang memperlihatkan benda asing luar angkasa. Ia menduga, spacecraft (pesawat luar angkasa) Apollo 17 pada saat itu memang diikuti oleh pesawat makhluk luar angkasa.

3. Twitter Bisa Deteksi Gempa Lebih Cepat dari Seismometer

Kegunaan media sosial sekarang ini memang sudah jauh dari apa yang dibayangkan sebelumnya. Jika sebelumnya hanya digunakan sebagai saling menjalin relasi atau sekadar memperoleh informasi, Twitter ternyata dapat digunakan untuk mendeteksi gempa. 

Namun, cara yang digunakan Twitter tidak sama dengan pengolahan data yang dilakukan menggunakan seismometer, melainkan dari hasil kicauan pengguna Twitter yang segera menuliskan reaksinya ketika terjadinya gempa. Bahkan informasi yang diperoleh dari Twitter lebih cepat dari yang diterima seismometer, dengan waktu kurang dari 30 detik.

4. Aplikasi Ini `Paksa` Pengguna Komputer Istirahatkan Matanya

Menggunakan laptop atau komputer terlalu lama memiliki efek buruk untuk kesehatan mata. Namun, banyak orang yang menghiraukan hal itu. Tak banyak orang yang disiplin mengistirahatkan matanya setelah menatap layar komputer atau laptop dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, Belgian Association of Optometrists berkerjasama dengan agen kreatif lokal Belgia menghadirkan sebuah aplikasi khusus yang akan "memaksa" para pengguna komputer untuk mengistirahatkan matanya. 

Aplikasi bernama Eyescare ini dapat menampilkan gambar yang menjijikan atau mengerikan di layar komputer pengguna setiap 20 menit. Sehingga, pengguna akan terpaksa untuk memalingkan matanya dari layar komputer.

5. Twitter Bakal PHK Karyawan Besar-besaran?

Pasca Jack Dorsey terpilih kembali menjadi Chief Executive Officer (CEO) Twitter, perusahaan diyakini akan melakukan serangkaian gebrakan. Menurut laporan terbaru, salah satunya adalah rencana Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam skala besar pada pekan depan. Belum diketahui jumlah karyawan yang akan terkena dampak PHK tersebut. Sumber dalam di Twitter mengatakan, kemungkinan PHK akan berdampak pada banyak departemen di dalam perusahaan.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.