Sukses

Tombol Home Bakal `Lenyap` di iPhone 7?

Meski memang belum pasti, kemungkinan tersebut bisa terjadi sampai 50 persen.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 6s dan 6s Plus memang telah meluncur di pasaran. Seri smartphone mewah teranyar Apple tersebut bahkan akan menyambangi 130 negara sampai akhir 2015 nanti. Meski kedua seri iPhone tersebut baru saja diluncurkan, bukan berarti kabar Apple mempersiapkan iPhone 7 lenyap bak asap begitu saja.

Sebelumnya, pernah beredar desain prototype iPhone 7 di dunia maya, desain tersebut memang bukan berasal dari Apple secara resmi. Namun, baru-baru ini kembali beredar rumor bahwa generasi ketujuh iPhone itu tidak akan lagi menyematkan tombol fisik home.

Gene Munster, Analis Pipper Jaffray, memprediksi bahwa Apple bisa saja menghilangkan tombol fisik home di gawai iPhone teranyarnya nanti. Meski memang belum pasti, ia mengungkap kemungkinan tersebut bisa terjadi sampai 50 persen. Munster membuat prediksi ini di laporan terbarunya yang dikirim ke para investor berdasarkan analisis pasar. Demikian dilansir Ubergizmo, Kamis (22/10/2015).

Lebih lanjut dijelaskan Munster, Apple mungkin akan mengganti tombol fisik home iPhone 7 dengan tombol virtual home bersistem 3D Touch, yang mana sistem 3D Touch ini telah diaplikasikan di seri iPhone 6s dan 6s Plus. Ia berpendapat, alasan Apple menghilangkan tombol fisik home bisa saja untuk membuat layar iPhone 7 menjadi sedikit lebih lebar dan tentunya mengubah bentuk fisik iPhone 7 lebih tipis.

Lalu, bagaimana soal Touch ID, sensor pemindai sidik jari yang letaknya berada di bawah tombol home? Munster menjelaskan, Apple seharusnya bisa mengambil langkah seperti yang telah dilakukan Android di Original Equipment Eanufacturer (OEM) dengan menyematkan sensor pemindai sidik jari di belakang perangkat smartphone-nya, Nexus 5X dan 6P.

Terlepas dari semua prediksi Munster, ia mengimbau agar publik tidak mematok pendapatnya bahwa iPhone 7 akan kehilangan tombol home. Sebagai informasi, tombol home merupakan tombol ikonik yang sudah hadir di seri pertama iPhone sejak 2007 silam. Desain tombol home diubah kembali oleh Apple sejak iPhone 5s dirilis, yang mana menyematkan fitur Touch ID dan menjadikannya seri iPhone pertama yang berpemindai sidik jari.

(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini