Sukses

Facebook Siapkan Notify Sebagai Aplikasi Khusus Baca Berita

Setelah kesuksesan Instant Article, Facebook akhirnya bersiap hadirkan Notify sebagai aplikasi tersendiri untuk baca berita.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dikabarkan sedang bersiap untuk meluncurkan aplikasi tersendiri khusus untuk berita dalam waktu dekat. Untuk mendukung aplikasi ini, Facebook disebut telah bekerja sama dengan penyedia konten dari beberapa media ternama.

Mengutip informasi dari laman Financial Times, Jumat (6/11/2015), aplikasi bernama Notify ini merupakan kelanjutan dari fitur Instant Article milik Facebook yang hadir beberapa bulan lalu untuk pengguna iOS dan ternyata menuai tanggapan positif. Tidak hanya dari pengguna, tapi juga dari penerbit berita. 

Dengan bekal itu, Facebook kemudian siap untuk hadirkan Notify sebagai aplikasi mandiri yang berbeda dengan Instant Article. Notify nantinya akan menjadi semacam aplikasi kurasi berita, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan berbagi macam sumber berita dalam satu aplikasi.

Beberapa penyedia konten yang dikabarkan sudah bergabung dengan aplikasi Notify di antaranya adalah Vogue, Washington Post, dan CBS.

Notify dikabarkan sudah melalui rangkaian uji coba sejak beberapa bulan lalu. Namun sampai saat ini, Facebook masih menolak untuk memberikan keterangan resmi terkait aplikasi ini.

Sebenarnya, Facebook bukanlah media sosial pertama yang menghadirkan layanan terkait berita. Sebelumnya, Twitter sudah memperkenalkan fitur Moments, yang dapat digunakan pengguna untuk mengetahui berita teratas dalam satu waktu.

Bahkan, Snapchat juga dikabarkan berencana menghadirkan layanan serupa bernama Snap Channel. Meskipun saat ini wacana tersebut sedang ditangguhkan terkait masalah program yang dihadirkan, Snapchat sendiri masih menjalin kerja sama dengan penyedia konten, seperti Comedy Central, ESPN, dan beberapa media lain.

(dam/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini