Sukses

Tizen Jadi Sistem Operasi Mobile Terbesar Keempat Dunia

Meskipun tergolong baru, Tizen OS berhasil lampaui pengguna BlackBerry OS pada kuartal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin tidak banyak orang yang mengenal sistem operasi mobile besutan Samsung, Tizen OS. Kendati demikian, hasil laporan terbaru menyebutkan bahwa Tizen OS telah berhasil masuk jajaran empat besar sistem operasi mobile di dunia.

Hasil laporan yang dikeluarkan oleh Strategy Analytics ini mengungkapkan bahwa Tizen OS berhasil menjadi sistem operasi mobile terbesar keempat selama kuartal ketiga tahun ini. Bahkan, jumlah pengguna Tizen OS saat ini telah melampaui BlackBerry OS. Demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Jumat (6/11/2015).

Hal ini memang cukup mengejutkan sebab Tizen OS sendiri baru diperkenalkan beberapa tahun yang lalu. Selain itu, tidak banyak seri smartphone yang mengadopsi sistem operasi besutan Samsung ini. Sampai saat ini diketahui baru ada Samsung Z1 dan Samsung Z3 yang menggunakan sistem operasi Tizen.

Beberapa pihak menilai, salah satu faktor pendukung hal ini adalah semakin banyak pengguna BlackBerry OS yang beralih ke sistem operasi lain, seperti Android, iOS atau Windows Phone. Tidak hanya itu, Samsung juga dikabarkan semakin gencar memasarkan smartphone Tizennya.

Sebelumnya disebut Samsung berhasil menjual 1 juta unit Samsung Z1 setelah enam bulan peluncurannya. Sementara itu, seri terbaru smartphone Tizen, Samsung Z3 dikabarkan juga akan hadir di 11 negara Eropa mulai tahun ini.

Samsung juga dikabarkan memberikan 100 persen keuntungan dari pendapatan aplikasi ke pengembang, sehingga mendorong beberapa pengembang aplikasi ternama seperti Facebook, VLC, dan Mix Radio mulai melirik Tizen OS.

Tizen OS sendiri adalah sistem operasi terbuka yang dikembangkan Samsung dan Intel. Sistem operasi yang digunakan pertama kali pada 2014 ini nantinya tidak hanya digunakan untuk perangkat mobile, namun juga perangkat pintar lainnya.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.