Sukses

Top 5: OS Smartphone Paling Sulit Diretas Bikin Penasaran

Sistem operasi smartphone ini diklaim menjadi sistem operasi paling aman dari tangan para hacker.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi smartphone paling sulit diretas hacker hingga BlakBerry Priv bakal mencicipi Android marshmallow rupanya menyedot perhatian pembaca pada Senin (9/11/2015) kemarin. 

Berikut ini rangkuman lima berita yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com:

1. Ini Dia OS Smartphone yang Paling Sulit Diretas Hacker

Kemajuan teknologi memang membuat kehidupan menjadi lebih mudah dengan hadirnya berbagai perangkat pendukung, salah satunya smartphone. Tapi para pengguna harus waspada, karena ada banyak tangan-tangan usil alias hacker (black hat hacker) yang kerap memanfaatkan kerentanan dalam sistem smartphone.

Pengguna sepertinya bisa mempertimbangkan pernyataan seorang white hat hacker, Steve Lord, mengenai sistem operasi (OS) smartphone yang menurutnya paling aman. White hat adalah sebutan untuk hacker komputer "beretika" atau seorang pakar keamanan komputer yang mengkhususkan diri dalam pengujian untuk memastikan keamanan suatu sistem.

2. Keren, Foto Transitor Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Kamera Digital

Para peneliti dari University of Wisconsin-Madison telah menciptakan sebuah foto transistor baru yang sangat responsif, sensitif, dan fleksibel, yang mana dapat meningkatkan teknologi pencitraan digital. Foto transistor silikon tersebut sangat membantu dalam menangkap foto yang lebih baik dalam pengaturan cahaya rendah. Tim peneliti mengklaim bahwa foto transistor itu merupakan teknologi tercepat dan sangat responsif yang ada saat ini. 

3. Resmi Dirilis, Xiaomi Mi Band 1S Dibanderol Rp 200 Ribuan 

Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan wearable device terbaru besutannya, Mi Band 1S. Memiliki desain yang serupa dengan pendahulunya, Mi Band, wearable device terbaru Xiaomi ini hadir dengan fitur baru yang lebih baik. Perangkat ini dikabarkan akan hadir pada 11 November 2015 dengan harga US$ 15 atau sekitar Rp 200 ribu di Tiongkok. 

4. CEO BlackBerry: Kami Akan Tetap Produksi Ponsel 

Dalam wawancara John Chen dengan Fox Business beberapa waktu lalu, ia mengungkapkan bahwa BlackBerry telah memiliki rencana untuk menghadirkan beberapa perangkat baru setelah BlackBerry Priv hadir.

Namun, Chen menegaskan bahwa BlackBerry tidak akan begitu saja membanjiri pasar dengan produk-produk baru. Chen menuturkan bahwa nantinya BlackBerry akan membiarkan pasar yang akan menentukan langkah selanjutnya, ketimbang mendikte pasar dengan produk-produk baru.

5. BlackBerry Priv Dapat Android Marshmallow Tahun Depan

Adopsi sistem operasi (OS) Android 6.0 Marshmallow diyakini akan makin meluas. Berbagai smartphone pada tahun depan dikabarkan akan mendapatkan update ke OS tersebut, termasuk BlackBerry Priv. BlackBerry berencana merilis Android Marshmallow untuk smartphone Priv pada tahun depan. Namun tidak diketahui tanggal pastinya.

(cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini