Sukses

Punya Nama `Phuc Dat Bich`, Akun Facebook Pria Ini Malah Ditutup

Namun ternyata, nama tersebut ia akui hanyalah palsu dan cuma berawal dari bercandaan

Liputan6.com, Melbourne - Jika di Indonesia ada beberapa orang yang memiliki nama seperti `Tuhan`, `Syaiton` dan beberapa nama unik lainnya, kini ada lagi nama yang sempat menghebohkan dunia maya karena dinilai terlalu kontroversial.

Adalah pria asal Australia blasteran Vietnam yang bernama `Phuc Dat Bich` yang mengaku bahwa akun Facebook-nya ditutup lantaran namanya terdengar begitu ekstrem.

Ia mengakui keaslian namanya dengan menunjukkan foto paspornya. Kenyataannya, di foto tersebut memang tertulis nama `Phuc Dat Bich`.

Phuc Dat Bich passport

Seperti dilansir dari Techno Buffalo, Kamis (26/11/2015), ia mengaku kesal karena jejaring sosial terbesar itu tidak mempercayai keaslian namanya.

"Saya benar-benar jengkel. Sepertinya tidak ada yang percaya ketika saya mengaku nama asli saya seperti ini. Saya bahkan dituduh menggunakan nama palsu. Itu menurut saya sangat ofensif."

Usut punya usut, rupanya nama Phuc Dat Bich memang tidak asli. Hal tersebut dibuktikan langsung lewat informasi yang disampaikan Telegraph dari Mashable, yang menerangkan bahwa seorang teman pria ini dihubungi dan mengungkap bahwa nama asli dari Phuc Dat Bich adalah Thien Nguyen.

Phuc Dat Bich real

Beberapa saat setelah ditutup akunnya, Nguyen pun mengakui tindakannya. Pada saat pengakuannya, ia menggunakan akun Facebook baru dengan nama Joe Carr (baca: Joker).

"Saya mengakui bahwa nama Phuc Dat Bich adalah rekayasa saya, awalnya hanya bercanda dan ada tendensi untuk mengecoh media. Facebook harus memahami bahwa sangat tidak mungkin membuat kebijakan di mana selalu akan ada pengecoh dan orang iseng," tulis Nguyen.

Nguyen menjelaskan keisengannya tersebut ada tujuannya. Ia ingin bahwa semua orang jangan mudah percaya dengan sebuah kredibilitas yang ada di media.

(jek/isk)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.