Sukses

Foursquare Ganti CEO dan Raup Dana US$ 45 Juta

Pendiri Foursquare, Dennis Crowley tak lagi menjabat sebagai CEO dan akan naik ke posisi Executive Chairman

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial berbasis lokasi, Foursquare, Kamis (14/1/2016) kemarin, mengumumkan bahwa perusahaan mendapat suntikan dana sebesar US$ 45 juta dari Union Square Ventures, Andreessen Horowitz dan beberapa investor lainnya, serta investor baru, Morgan Stanley.

Sebagaimana dilaporkan VentureBeat, Jumat (15/1/2016), perusahaan berbasis di New York City ini juga mengumumkan bahwa Founder Foursquare, Dennis Crowley, tak lagi menjabat sebagai CEO, tetapi sebagai Executive Chairman. Adapun Jeff Glueck, mantan CEO Skyfire akan menggantikan posisi Crowley.

"Sementara yang akan menjadi "co-pilot" Glueck adalah Steven Rosenblatt, yang telah bekerja untuk Foursquare selama empat tahun sebagai Chief Revenue Officer," ungkap Crowley.

Pengumuman tersebut membuat nilai valuasi Foursquare dilaporkan turun dari US$ 650 juta menjadi US$ 250 juta.

Kepada VentureBeat, Foursquare menolak berkomentar terkait valuasinya yang turun menjadi US$ 250 juta. Namun, Glueck mengakui bahwa perusahaan memang tak terlalu menonjol selama periode 2009 atau 2010

Crowley meyakini bahwa valuasi Foursquare senilai US$ 650 juta hanya lah "masa lalu" saat masa kejayaan. Kabarnya, Yahoo siap membeli Foursquare sebesar US$ 900 juta.

Ia juga menepis kabar bahwa perusahaannya berada di ambang kebangkrutan. Dalam blog-nya, Crowley menyebut Foursquare sebagai sebuah "bisnis yang sukses" -- dengan pertumbuhan dan pendapatan yang terprediksi.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.