Sukses

Smartfren Segera Rilis Layanan VoLTE & Ponsel Carrier Agregation

Selain layanan VoLTE dan ponsel yang mendukung Carrier Agregation, Smartfren juga akan merilis tarif promo 4G baru dalam waktu dekat

Liputan6.com, Jakarta - Pada acara Media Update 4G-LTE Smartfren yang berlangsung hari ini, Senin (25/1/2016), Smartfren mengungkap beberapa rencana besarnya soal layanan 4G-LTE Advanced.

Sukaca Purwokardjono, Head of Smartphone Smartfren, membeberkan bahwa Smartfren akan segera memboyong layanan VoLTE ke masyarakat.

"Kami juga akan membuat tarif promo karena VoLTE merupakan sesuatu yang baru bagi mereka. Jadi harus bertahap," ujar Sukaca ditemui di Senayan Golf Club, Jakarta.

VoLTE sendiri merupakan layanan suara (voice) yang berbasis Long Term Evolution (LTE). Sebetulnya, layanan ini tak ada bedanya dengan layanan suara via teknologi 2G/3G. Hanya saja suara yang dihasilkan VoLTE diklaim berkualitas lebih baik dan jernih.

Lebih lanjut, Smartfren juga akan menghadirkan pembaruan (upgrade) untuk lini smartphone Andromax 4G secara bertahap. Smartfren juga akan segera memboyong ponsel 4G yang mendukung VoLTE dan teknologi carrier agregation. 

"Kita sudah mulai open market untuk produk Andromax. Nantinya, kami akan gandeng vendor global untuk memproduksi ponsel yang mendukung carrier agregation," tambah Sukaca.

Carrier agregation adalah penggabungan dua frekuensi sekaligus untuk menghadirkan layanan 4G berkecepatan tinggi. Melalui teknologi tersebut, jaringan Smartfren dapat menghasilkan kecepatan internet 4G hingga 100 Mbps. 

Sayangnya, saat ini penggunaannya masih sendiri-sendiri karena ekosistem ponsel yang mendukung dua frekuensi belum banyak. Dalam hal ini, Smartfren menggunakan spektrum di 850 MHz dan 2.300 MHz untuk menggelar 4G. 

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.