Sukses

Genjot Pengguna, Telkomsel Akan Rilis Aplikasi NFC untuk T-Cash

Tanpa stiker, pengguna dapat mengunduh aplikasi tersebut untuk menikmati layanan T-Cash dengan NFC

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini T-Cash baru dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC). Untuk menikmatinya, pengguna harus memiliki stiker berbentuk bulat kecil berwarna merah yang ditempel pada bagian belakang ponsel. 

Bagi yang belum memiliki stiker tersebut, tak usah khawatir. Sebab Telkomsel berencana menyediakan opsi baru bagi mereka yang ingin menjajal teknologi NFC pada layanan T-Cash. Operator dengan 150 juta pelanggan tersebut akan merilis aplikasi NFC. 

"Jadi kami berencana merilis aplikasi NFC pada April mendatang. Pelanggan yang ingin menikmati NFC tanpa stiker, bisa mengunduh aplikasi tersebut," ucap Herman Suharto, GM Digital Payment & Banking Product Development Telkomsel, saat Media Update T-Cash di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Kendati demikian, Herman belum dapat mengungkap apakah aplikasi ini berjalan di sistem operasi Android atau iOS saja.  

Terkait NFC, Herman optimistis bahwa teknologi tersebut dapat diterima masyarakat. "Bagi kami, teknologi NFC masih promising. Lihat saja Apple Pay dan Samsung Pay. All these giants says NFC," katanya.

Menurut Herman, Telkomsel juga menerapkan standar pada merchant yang menjadi mitranya, menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) yang sama dengan yang digunakan bank. 

"Kami maunya standar. Mc Donald, misalnya, menggunakan EDC yang sama dengan yang dipakai oleh bank. Jika deploy EDC sendiri tentu akan keluarkan cost." Tutup Herman.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.