Sukses

Dual Camera di Ponsel Akan Jadi Tren di Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahwa iPhone 7 akan hadir dengan kamera ganda, ternyata menarik perhatian Sony. Perusahaan yang juga dikenal sebagai penyedia sensor kamera Apple ini memperkirakan bahwa teknologi dual kamera tak lama lagi akan jadi tren.

Setidaknya itulah yang dikatakan oleh CFO Sony Kenichiro Yoshida. Ia memprediksi, teknologi dual camera akan banyak digunakan oleh pabrikan smartphone besar di dunia. Yoshida pun memperkirakan, tren penggunaan dual kamera setidaknya akan dimulai pada 2017.

"Untuk tahun depan, kami percaya bahwa plaftorm dual camera akan dirilis oleh banyak pemain besar smartphone," ujar Yoshida, seperti dikutip dari laman Apple Insider, Sabtu (6/2/2016).

Menurutnya, kondisi pasar high-end smartphone yang sedang melambat saat ini akan berpengaruh pada permintaan dan produksi para pabrikan.

Untuk itu, ia memperkirakan bahwa dimulainya penggunaan kamera dengan dua lensa mungkin baru dilakukan di tahun depan.

Menurutnya, Apple tidak menutup kemungkinan akan menggunakan teknologi dual camera. Meskipun hal itu tak akan banyak mempengaruhi pasar. Sebab, Apple sendiri sudah memiliki perangkat yang populer.

Sebelumnya, seri iPhone terbaru disebut akan hadir dengan kamera ganda. Artinya, akan ada dua kamera utama yang diletakkan di bagian belakang iPhone. Informasi ini diketahui dari bocoran laporan yang dirilis untuk para pemegang saham Apple.

Namun, diperkirakan teknologi dual camera ini tidak akan hadir di edisi reguler dari seri iPhone terbaru itu. Berdasarkan informasi yang beredar, kamera ganda hanya akan dihadirkan pada iPhone 7 Plus dengan layar 5,5 inci.

Sekadar informasi, isu kamera ganda yang akan hadir di seri iPhone memang sudah lama bergulir. Sebelumnya, Apple disebut akan menggunakan teknologi dual camera di iPhone 6s.

Namun, nyatanya iPhone 6s masih menggunakan teknologi kamera tunggal untuk kamera belakangnya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.