Sukses

2030, Facebook Bidik 5 Miliar Pengguna

Pada usianya yang ke-12, jejaring sosial Facebook menargetkan jumlah penggunanya akan mencapai 5 miliar di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Di ulang tahunnya yang ke-12 pada tahun ini, Facebook memiliki harapan untuk melipatgandakan penggunanya hingga 5 miliar pengguna.

Dikutip tim Tekno Liputan6.com dari USA Today, Jumat (5/2/2016), CEO Facebook Mark Zuckerberg berharap target tersebut bisa tercapai pada tahun 2030 mendatang. Pada saat itu, penduduk dunia diperkirakan akan mencapai 7 miliar.

Melalui target ini, Zuckerberg memiliki misi untuk membuat masyarakat dunia terhubung (connected) satu sama lain. Sebagai informasi, tahun ini Facebook mengantongi sebanyak 1,59 miliar pengguna dengan jumlah pengguna aktif per hari mencapai 1 miliar pengguna.

“Kami ingin menghubungkan semua orang. Untuk itu kami akan bekerja sama dengan pemerintah maupun perusahaan lain di seluruh dunia," tutur ayah satu anak itu.

Pria yang kini menyandang predikat orang terkaya nomor enam di dunia itu memang telah berambisi menghubungkan seluruh dunia sejak beberapa tahun lalu. "Kami merasa, sementara kami mulai memahami komunikasi (melalui layanan Facebook), bagi kami pembayaran (pemasukan) masih agak jauh," katanya.

Zuckerberg menambahkan, setelah berusia 12 tahun kini Facebook akan lebih berfokus pada penggunaan video. Sebab, video dirasa lebih memiliki kedekatan emosional dengan penggunanya. Karena itu, Facebook menampilkan sebuah video persahabatan berisi foto-foto pengguna dengan orang-orang di sekitarnya.

Bagi pria berusia 31 tahun itu, kesempatan 12 tahun ini bukan hanya untuk melihat ke depan, tetapi juga ke belakang. Ia bahkan tidak menyangka bahwa kini situs jejaring sosial yang mulanya hanya digunakan mahasiswa di kampusnya itu bisa menjamur di berbagai belahan dunia.

Tidak hanya itu, Facebook pun tampak memainkan peran penting bagi komunikasi di abad ke-21 ini.


(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.