Sukses

Pecah! Ada Setengah Juta Cuitan soal Gerhana Matahari Total

Twitter mencatat setidaknya 510.000 cuitan tentang Gerhana Matahari Total dari para penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter mencatat setidaknya 510.000 cuitan (tweet) tentang Gerhana Matahari Total dari para penggunanya. Jumlah cuitan ini dikalkulasi Twitter dalam rentang waktu 6-9 Maret 2016.

Melalui keterangan tertulis Twitter yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Rabu (9/3/2016), media sosial yang didirikan Jack Dorsey ini mencatat, puncak percakapan mengenai GMT 2016 terjadi hari ini pukul 07.33 WIB.

Hebatnya, pada puncak percakapan tersebut, jumlah tweet yang diunggah mencapai 1.100 cuitan per menitnya. Selain itu, hashtag #GMT2016 juga menjadi trending topic nomor satu di Indonesia sejak pagi tadi.


Menurut Twitter, Gerhana Matahari Total terakhir kali dirasakan oleh masyarakat Indonesia 11 Juni 1983. Saat itu, GMT melalui Pulau Jawa. Kemudian pada hari ini fenomena alam yang menyatukan matahari, bulan, dan bumi dalam satu garis sejajar tersebut melewati 12 provinsi di Indonesia.


Selain itu, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memungkinkan Gerhana Matahari Total dapat disaksikan dari wilayah daratan. Oleh karenanya, masyarakat Indonesia di berbagai tempat begitu antusias menyambut kejadian langka ini.


Melalui Twitter, masyarakat Indonesia mengunggah cuitan baik berbentuk status, foto, maupun video detik-detik terjadinya Gerhana Matahari Total.

Media sosial yang bermarkas di San Francisco California ini menyebutkan, tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang mengikuti liputan tentang GMT di televisi kemudian membaginya di Twitter. Apakah Anda termasuk pengguna Twitter yang mencuitkan tentang Gerhana Matahari Total?


(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.