Sukses

Lakukan 5 Hal Ini untuk Genjot Kinerja Wi-Fi Router

Liputan6.com, Jakarta - Internet benar-benar sudah mengubah kehidupan manusia. Tidak ada yang ingin membayangkan bila internet tidak bisa digunakan lagi. Segala kehidupan telah jauh lebih mudah. Dari sekadar mencari informasi, hingga pengembangan teknologi, semuanya menggunakan internet.

Sejak munculnya internet, beberapa teknologi lain juga diperkenalkan untuk membuat kehidupan lebih mudah dari sebelumnya. Tentunya, Wi-Fi pasti termasuk di urutan teratas. Dengan Wi-Fi router, koneksi internet akan menjadi lebih cepat. Anda cukup menempatkannya di tempat strategis agar mendapatkan performa terbaik.

Dikutip dari Business 2 Community, Rabu (22/3/2016), berikut ini kiat-kiat menempatkan Wi-Fi router agar berfungsi dalam performa terbaiknya.

1. Pilih lokasi di tengah-tengah
Wi-Fi router biasanya terletak di salah satu sudut rumah. Padahal, posisi ini tidak sepenuhnya benar. Agar mendapatkan koneksi Wi-Fi terbaik, Wi-Fi router harus ditempatkan di lokasi yang tepat, yaitu di tengah-tengah rumah.

Tujuannya untuk memastikan sinyalnya tersebar ke setiap sudut ruangan. Namun bila Anda biasa menggunakan internet di salah satu tempat tertentu, Anda bisa meletakkan router dekat ruangan tersebut.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Jauhi logam
Logam di dekat Wi-Fi router dapat menyebabkan gangguan koneksi. Gadget tidak akan mampu menangkap sinyal dari Wi-Fi router dengan benar. Ini mengakibatkan konektivitas internet di gadget melambat secara signifikan.

Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu kelancaran saat internetan.Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah menjauhkan router tersebut dari logam.

3. Tempatkan di ruang di mana internet sering digunakan
Beton atau dinding bata ternyata memengaruhi kinerja Wi-Fi router. Dinding dikenal sebagai material penyerap radiasi secara signifikan. Sinyal dari router tidak dapat mencapai sudut terjauh rumah karena terhalang dinding beton. Oleh karena itu, sebaiknya tempatkan Wi-Fi router di ruangan yang sama di mana Anda menggunakan internet.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Letakkan di posisi tinggi
Anda jelas tahu bahwa sinyal Wi-Fi tersebar dari router. Tapi Anda juga harus tahu bahwa sinyal ini juga memiliki gerakan ke bawah. Jadi, penting untuk memilih tempat agar sinyal tersebar luas dengan baik.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menempatkan Wi-Fi router di tempat tinggi. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa sinyal Wi-Fi tersebar di dalam rumah Anda. Kemudian, kemungkinan untuk mendapat sinyal di seluruh sudut ruangan pun akan lebih besar.

5. Gunakan antena sesuai kebutuhan
Wi-Fi router yang Anda gunakan seharusnya dilengkapi antena. Jika Anda ingin sinyal bergerak ke atas, antena harus diarahkan secara vertikal.

Namun jika Anda ingin sinyal bergerak ke samping, geser antena secara horizontal. Satu hal lagi, jangan tempatkan Wi-Fi router di tempat di mana terdapat banyak orang karena hal ini akan berefek negatif pada koneksi Anda.

(Shabrina Aulia Rahmah/Why)