Sukses

Android N Bakal Punya Aplikasi Virtual Reality Bawaan?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang fitur terbaru yang akan hadir di Android N kembali muncul. Informasi terkini menyebutkan bahwa versi terbaru dari sistem operasi Android itu akan mengusung dukungan virtual reality (VR) bawaan.

Informasi ini diketahui pertama kali dari preview kedua Android N untuk para developer beberapa waktu lalu. Pada versi preview itu ternyata ada aplikasi yang mengarah pada penggunaan VR dengan nama 'VR Listener' dan 'VR Helper'.

Sayangnya, belum dapat dipastikan mengenai fungsi dari dua aplikasi tersebut. Namun, beberapa analis memprediksi aplikasi tersebut merupakan fitur yang dapat mematikan mekanisme auto-lock ketika smartphone digunakan dalam mode virtual reality. Demikian seperti dikutip dari laman The Verge, Selasa (19/4/2016). 

Dalam beberapa bulan terakhir, Google diketahui tengah gencar mengembangkan teknologi di bidang virtual reality. Bahkan, perusahaan tersebut juga berencana untuk membuat perangkat virtual reality sendiri yang tak membutuhkan smartphone atau PC.

Bentuk keseriusan Google tersebut juga dapat dilihat dengan dibentuknya divisi khusus virtual reality pada awal tahun ini. Ketika itu, Google juga langsung menunjuk ClayBavor untuk memimpin divisi baru tersebut.

Sebagai infomasi, Android N diprediksi akan hadir dengan beberapa fitur baru yang belum pernah ada. Sebelumnya, sistem operasi tersebut diinformasikan akan menghadirkan fitur serupa 'Force Touch' milik Apple.

Google sendiri baru merilis Android N versi developer pada bulan lalu. Kehadiran versi preview itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan para developer melihat lebih awal versi Android terbaru.

(Dam/Isk)

Artikel Selanjutnya
Android O Lahir di Google I/O, Ini Fitur Andalannya
Artikel Selanjutnya
4 Kejutan Besar di Hajatan Google I/O 2017