Sukses

Ups, iPhone Ternyata Tidak Populer di India

India diketahui menjadi satu dari beberapa negara dengan brand awareness yang rendah soal produk Apple.

Liputan6.com, New Delhi - Apple dikenal sebagai perusahaan dengan 'branding' terkuat di dunia. Akan tetapi, masih ada saja beberapa negara, di mana sebagian besar masyarakatnya tidak tahu produk Apple, dan India merupakan salah satu di antaranya.

Seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (26/4/2016), setengah dari populasi warga India tidak tahu tentang produk Apple, khususnya iPhone.

Merujuk pada riset Morgan Stanley, terungkap kesadaran masyarakat India akan brand Apple masih sangat lemah. Diduga, faktor distribusi dan strategi pemasaran merupakan penyebab utama hal itu.

"Hampir setengah dari responden yang kami survei tidak tahu apa itu iPhone, iPad dan bahkan Apple," kata Kate Huberty, Managing Director Morgan Stanley.

Faktanya, brand awareness masyarakat terhadap Apple di India hanya menyentuh angka di bawah 60 persen. Berdasarkan tabel di bawah ini, Samsung menduduki peringkat teratas sebagai brand terpopuler di India. Popularitas perusahaan asal Korea Selatan itu diikuti oleh Micromax, Sony, Microsoft dan Lava.

Meski begitu, Huberty mengatakan Apple tidak perlu bercemas diri dengan rendahnya brand awareness yang terjadi di India. Menurut Huberty, ini bisa menjadi kesempatan Apple untuk mengatur strategi distribusi dan pemasaran lebih kuat.
Morgan Stanley iPhone note
"Masih banyak ruang untuk berkembang. Apalagi CEO Apple Tim Cook dan petinggi Apple lainnya mengatakan bahwa India memiliki potensi pertumbuhan pasar kuat," ujar Huberty melanjutkan.

Sebagai langkah konstruktif, Apple akhirnya akan berencana membuka Apple Store pertamanya di India. Diketahui, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu juga telah mengantongi izin dari pemerintah India untuk membuka toko resmi perdananya.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.