Sukses

Fokus Kembangkan VR, HTC Siap Gelontorkan Rp 1,32 Triliun

Dana itu akan digunakan untuk membiayai pengembangan startup yang bergerak di bidang virtual reality

Liputan6.com, Jakarta - HTC kian serius mempersiapkan ekosistem virtual reality (VR). Hal ini dipastikan setelah perusahaan asal Tiongkok itu membentuk sebuah akselerator bagi startup yang bergerak di bidang virtual reality.

Dikutip dari laman Engadget, Kamis (28/4/2016), HTC baru saja memperkenalkan program pendanaan bernama Vive X. Nantinya, HTC akan menggelontorkan dana US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,32 triliun melalui program yang diluncurkan pada bulan Mei mendatang.

Beijing akan menjadi kota pertama yang menjalankan program ini dan ditujukan bagi startup yang berasal dari Asia. Setelah itu, program ini akan dijalankan di kota lain yaitu San Fransisco dan Taipei.

Vive X juga menawarkan program serupa akselerator startup lainnya. Program ini akan memberikan bimbingan, ruang kerja, termasuk beberapa modal investasi dari kelompok startup terpilih.

Setelah beberapa bulan, startup yang terpilih akan menunjukkan hasil demo proyek yang dikerjakan. Pada tahap tersebut, beberapa investor terkemuka akan hadir termasuk anggota penting dari insinyur dan manajemen dari tim Vive.

Beberapa analis memperkirakan langkah ini merupakan upaya HTC untuk makin memperkaya konten virtual reality terutama bagi perangkatnya.

HTC memang telah merilis virtual reality headset bernama HTC Vive. Namun, headset tersebut hadir tanpa dukungan konten memadai. Karena itu, program ini diharapkan dapat mengisi konten yang makin memperkaya pengalaman menggunakan virtual reality.

Dalam program ini HTC juga tak sekadar berfokus pada konten, tetapi juga mengajak perusahaan membuat peralatan dan aksesori untuk virtual reality.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini