Sukses

Allo dan Duo, Layanan Pesan Instan Cerdas dari Google

Liputan6.com, Mountain View - Selain memamerkan kebolehan asisten virtual cerdas Google Assistant, Google juga memperkenalkan dua layanan pesan instan terbarunya, Allo dan Duo.

Dua layanan pesan instan ini tentu berbeda dengan aplikasi pesan instan Google Hangout yang sudah hadir sebelumnya.

Menurut informasi yang Tekno Liputan6.com terima dari Google Indonesia, Allo dan Duo dirancang sebagai aplikasi pesan instan cerdas karena menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan) milik Google. Untuk menggunakan kedua layanan ini, pengguna hanya perlu mendaftarkan nomor teleponnya.

Allo menghadirkan beberapa fitur menarik, yang salah satunya adalah integrasi dengan Google Assistant. Dengan begitu, pengguna tak perlu repot mengetik panjang ketika bermaksud mengirim pesan dengan konteks tertentu.

Contohnya, kala pengguna ingin mengetik 'kopi susu', Allo akan merekomendasikan kata-kata yang berkaitan dengan kopi susu.

Integrasi lain yang muncul pada Allo adalah kemampuannya memberikan rekomendasi langsung dari aplikasi. Saat pengguna berencana makan malam di restoran, Allo akan dibantu Google Assistant menghadirkan rekomendasi tempat makan yang berada di dekat pengguna.

Tak sampai di situ, Allo juga menghadirkan fitur Smart Reply, yang dapat merespons pesan berdasarkan konteks dan membuat respons pengguna hadir secara ekspresif dengan emoji, stiker, bahkan foto.


Terkait privasi, Allo sudah dilengkapi enkripsi end-to-end, notifikasi rahasia, dan pesan yang akan 'hangus' dalam waktu yang bisa ditentukan penggunanya.

Adapun Duo merupakan aplikasi pesan instan yang mendukung fitur video calling. Dengan Duo, Google mengklaim pengguna bisa melakukan video call lebih cepat dan stabil meski dalam koneksi lemah.

Kedua layanan pesan instan ini akan segera meluncur di perangkat Android pada musim panas 2016. Apakah akan hadir bersamaan dengan peluncuran Android N? Kita lihat saja nanti.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Facebook Akan Rilis Aplikasi Khusus Kreator Konten Video
Artikel Selanjutnya
Pengguna Gear S3 Bisa Akses Spotify Secara Offline