Sukses

Indosat Ooredoo Persiapkan Skema Network Sharing Lanjutan

Indosat Ooredoo dan XL Axiata masih serius mempersiapkan rencana berbagi jaringan lanjutan, meskipun regulasi belum diterbitkan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Indosat Ooredoo dan XL Axiata masih serius mempersiapkan rencana berbagi jaringan (network sharing) lanjutan, meskipun regulasi belum diterbitkan pemerintah.

Sebelumnya, kedua operator tersebut telah berkolaborasi untuk berbagi jaringan 4G lewat metode Multi Operator Radio Access Network (MORAN) di 4 kota di Indonesia. President Director sekaligus CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli mengemukakan, sambil menunggu regulasi dari pemerintah, keduanya sepakat mendiskusikan mengenai rencana berbagi jaringan agar lebih luas lagi.

"Sekarang secara paralel (Indosat Ooredoo) melakukan pembicaraan dengan XL mengenai skema dan berbagai hal lainnya agar hasil gabungan ini menjadi jaringan jauh lebih besar," ujar pria yang akrab disapa Alex usai acara peluncuran paket internet Freedom 2.0 IM3 Ooredoo di Kantor Pusat Indosat Ooredoo di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Alex yang juga merupakan ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) memprediksi, hingga akhir tahun ketika pemerintah telah menerbitkan regulasi mengenai berbagi jaringan, diharapkan baik Indosat Ooredoo maupun XL sudah bisa memproses network sharing lebih lanjut.

"Riilnya akhir tahun, bagaimana membangun jaringan ada proses. Sekarang sedang didiskusikan dengan vendor menggunakan solusi yang sudah dijalankan (MORAN), membangun, transisi infrastruktur dari yang lama agar lancar," tutur Alex melanjutkan.

Alex mengungkap, nantinya, jika aturan baru yang diterbitkan telah mendukung network sharing dengan metode MOCN (Multi Operation Core Network), skema network sharing bisa lebih besar. Misalnya, membangun jaringan bersama.

Alex memperkirakan regulasi network sharing akan segera diterbitkan. "Para menteri sudah paraf, mungkin presiden sudah tanda tangan. Saya tidak tahu, tetapi aturannya sudah di meja presiden karena pembahasannya sudah selesai semua," ujar kata Alex.

Sebelumnya CEO XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan, implementasi MOCN dinilai akan lebih tinggi tingkat efisiensinya, terutama pada belanja modal (capital expenditure, capex) perusahaan. MOCN diperkirakan bisa menghemat belanja modal antara 40-50 persen, sedangkan MORAN hanya sanggup 20 persen.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.