Sukses

Tanya Tekno: Beli Mana, Samsung Galaxy S7 Edge atau iPhone 6s?

Tampil sebagai smartphone andalan dari masing-masing merek, Galaxy S7 Edge dan iPhone 6s memiliki keunggulannya masing-masing.

Menurut pengalaman, pengamatan, review, dan kesimpulan anda, saya harus membeli gadget yang mana? Samsung Galaxy S7 Edge atau iPhone 6s? 

Liputan6.com, Jakarta - -Sawung Pambarep, Jakarta Selatan-

Halo, Sawung! Terima kasih banyak atas pertanyaannya. Untuk diketahui, kedua ponsel tampil dengan spesifikasi hardware yang berbeda sehingga tidak bisa dibandingkan head-to-head secara langsung.

Akan tetapi, kami berusaha untuk memberikan jawaban kepada Anda secara terperinci dan jelas berdasarkan pengamatan kedua ponsel.

Di atas kertas, Galaxy S7 Edge memiliki spesifikasi hardware lebih tinggi dibandingkan hardware yang disematkan Apple pada iPhone 6s.

Namun, posisi smartphone Samsung yang mengusung prosesor Exynos 8890 Octa-core dan RAM 4GB ini berada di bawah iPhone 6s saat diuji lewat aplikasi benchmark AnTuTu v6.0.

Jika Anda mencari smartphone dengan kapasitas yang lega, Galaxy S7 Edge akan menjadi pilihan yang lebih tepat. Namun, jika pilihan memori internal sebesar 32GB dan 64GB tidak cukup, Samsung memberikan opsi penambahan lewat slot microSD hingga 256GB.

Dari sisi kamera, kedua smartphone sama-sama menggunakan sensor 12MP untuk kamera belakangnya. Hanya saja, Samsung kembali unggul berkat lensa f/1.7.

Dengan bukaan angka tersebut, kamera Samsung mampu menangkap cahaya lebih baik. Kamera Samsung pun semakin optimal dengan teknologi Dual Pixel yang menampilkan kemampuan autofocus lebih cepat.

Kamera iPhone 6s pun tidak bisa dianggap remeh. Namun karena memilik aperture yang lebih besar (f/2.2), cahaya yang masuk ke lensa pun tidak akan maksimal. Apalagi saat di dalam kondisi cahaya minim.

Sama-sama menggunakan layar berukuran 5.5 inci, layar Galaxy S7 Edge lebih unggul dengan resolusi 1440 x 2560 piksel ketimbang layar iPhone 6s yang hanya beresolusi 750 x 1334 piksel.

Ditambah layar Galaxy S7 Edge sudah menggunakan panel Super AMOLED yang memberikan kedalam warna dan detil ketimbang layar LCD yang iPhone miliki.

Perihal software, ini tergantung dari diri sendiri. Jika Anda lebih suka mengutak-atik software, Galaxy S7 Edge dapat menjadi pilihan. Namun, jika Anda ingin smartphone yang mudah digunakan dan tidak terlalu ingin ambil pusing dengan kostumisasi software, iPhone 6s dapat menjadi pilihan.

Lalu mana yang lebih baik Anda beli? iPhone 6s atau Galaxy S7 Edge? Kembali, hal tersebut merujuk kepada diri Anda sendiri. Namun, dari pantauan dan pengalaman penggunaan smartphone, Galaxy S7 Edge lebih unggul ketimbang iPhone 6s.

---

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya. 

(Ysl/Cas) 



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.