Sukses

Daftar Ponsel yang Kebagian Android Nougat

Berikut ini adalah daftar ponsel yang disebut-sebut akan mendapat pembaruan Android 7.0 Nougat

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengumumkan Nougat menjadi nama sistem operasi terbaru Android. Bahkan, preview final untuk developer telah tersedia sejak beberapa lalu.

Dengan demikian, hampir dapat dipastikan versi final dari Android 7.0 Nougat siap diluncurkan. Terbaru, perangkat Nexus yang dipastikan mendapat pembaruan akan segera merasakannya bulan ini.

Lantas, bagaimana dengan perangkat Android dari vendor-vendor lain? Tim Tekno Liputan6.com menghimpun informasi dari beberapa sumber mengenai perangkat lain yang akan merasakan manisnya Android Nougat.

Namun, perlu diingat beberapa dari daftar ini belum mendapat konfirmasi resmi dari vendor yang bersangkutan. Jadi, tak tertutup kemungkinan ada perubahan yang mungkin dilakukan.

HTC

HTC merupakan salah satu vendor pertama yang mengungkap jajaran ponsel besutannya yang akan menerima Android 7.0 Nougat. Sejauh ini sudah ada tiga smartphone yang dipastikan menerima pembaruan yaitu One A9, One M9, dan 10.

Sayangnya, HTC belum membeberkan kapan pembaruan itu akan meluncur. Selain ketiga seri tersebut, Android 7.0 Nougat juga disebut akan menyambangi One M8, One E9, One ME, One E8, One M8 Eye, Desire 826, Desire 820, dan Desire 816.

Nexus

Sebagai salah satu seri ponsel yang ditangani langsung oleh Google, hampir dapat dipastikan ponsel paling anyar dari Nexus akan mendapat pembaruan Android terbaru.

Kendati belum ada informasi resmi, bocoran dari operator asal Kanada menyebut salah satu perangkat Nexus yang dipastikan mendapat Android Nougat adalah Nexus 9. Selain itu, ada Nexus 6P, Nexus 6, Nexus 5X, dan Nexus 5 juga disebut mendapat pembaruan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Samsung

Samsung

Samsung memang belum resmi merilis informasi daftar perangkatnya yang akan menikmati versi Android terbaru. Namun, menilik dari kebiasaan, perusahaan asal Korea Selatan itu kerap meluncurkan pembaruan untuk seri andalannya.

Jika benar, ada kemungkinan Samsung Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, dan Galaxy Note 7 adalah smartphone yang siap mencicipi Android 7.0. Informasi lain juga menyebut Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Note 5, Note 4, Galaxy S5, Galaxy Alpha, Galaxy A7, dan Galaxy A5.

Sony

Android 7.0 Nougat dikabarkan tak hanya menyambangi seri andalan Sony. Jajaran ponsel menegah perusahaan asal Jepang itu juga disebut akan menikmati manisnya Android versi terbaru.

Sebagai seri andalan, Xperia Z5, Xperia Z5 Compact, Xperia Z5 Premium, Xperia Z4 Tablet, Xperia Z3, dan Xperia Z3 Compact dipastikan menerima pembaruan. Di samping itu, ada Xperia C5 Ultra, Xperia C4, Xperia M5, dan M4 Aqua.

LG

LG kemungkinan besar hanya akan menghadirkan pembaruan Android Nougat untuk seri andalannya. Selain 5X yang masuk dalam seri Nexus, LG G4 dan LG G5 disebut akan menerima pembaruan serupa.

3 dari 3 halaman

Motorola

Motorola

Sebagai mantan divisi mobile Google, ponsel besutan Motorola diinformasikan akan menerima pembaruan lebih cepat ketimbang vendor lain. Seri teranyar Motorola, seperti Moto G4 Plus, Moto G4, dan Moto Z dipastikan mendapat update Android paling anyar.

Sementara, seri lain yang juga disebut dapat merasakan Android terbaru adalah Moto X Force, Moto X Style, Moto X Play, dan Moto G Turbo.

Lenovo

Sampai saat ini, Lenovo belum memberikan informasi resmi mengenai jajarang ponselnya yang akan menerima Android Nougat. Namun, berdasarkan spesifikasi yang diusung masing-masing perangkat, seri ponsel paling baru kemungkinan akan mendapatkannya.

Vibe K4 Note, Vibe K5, Vibe K5 Plus, Vibe P1, dan Vibe S1 adalah beberapa ponsel yang disebut-sebut dapat merasakan pengalaman Android 7.0 Nougat.

Asus

Sama seperti Lenovo, Asus juga belum memberikan daftar resmi perangkat yang akan mendapat update Android 7.0 Lollipop. Namun, jika menilik pola peluncuran Android Marshmallow untuk jajaran ponselnya, seri ponsel yang mendapat pembaruan hampir dapat dipastikan.

Jajaran seri Zenfone 2, seperti Zenfone 2 Laser, Zenfone 2 Laser, dan Zenfone Max disebut-sebut akan merasakan pembaruan Android Nougat. Selain itu, seri Zenfone 3, seperti Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Ultra juga kemungkinan besar menerimanya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.