Sukses

Amazon Go, Toko Fisik Amazon Tanpa Harus Antre dan Bayar di Kasir

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini raksasa e-Commerce Amerika Serikat, Amazon meluncurkan toko fisik bernama Amazon Go. Uniknya, konsumen yang berbelanja di toko grocery ini bisa langsung mengambil apa pun yang dibutuhkan dan langsung pergi, tanpa harus mengantre dan melakukan pembayaran di kasir.

Toko fisik milik Amazon ini terletak di Seattle, Amerika Serikat. Lantas, bagaimana cara berbelanja di toko ini? Konsumen hanya perlu menggunakan aplikasi Go untuk masuk ke toko.

Dirangkum Tekno Liputan6.com dari Tech Crunch, Kamis (8/12/2016), saat konsumen berada di dalam toko, serangkaian kombinasi sensor, komputer dan kecerdasan buatan bakal merekam apa saja belanjaan yang diambil konsumen, lantas memasukkannya ke daftar belanja virtual di aplikasi.

Setelah selesai berbelanja, konsumen hanya tinggal berjalan ke luar toko dan tagihannya langsung masuk ke akun Amazon, lengkap dengan struk belanjanya.

Berdasarkan penuturan Amazon, butuh waktu empat tahun untuk mengembangkan toko fisik Amazon Go ini.

"Kami bertanya pada diri sendiri, bagaimana caranya kami dapat menciptakan sebuah pengalaman berbelanja tanpa antrean dan tanpa kasir?"

Demikian pernyataan Amazon dalam laman resmi Go. Disebutkan pula, dengan toko fisik tanpa antrean dan kasir ini, perusahaan bisa menekan batasan-batasan dari penggunaan kecerdasan buatan di komputer dan machine learning untuk membuat sebuah toko yang memudahkan konsumen.

Saat ini, Amazon Go memang baru menyediakan berbagai produk grocery alias produk makanan, termasuk makanan cepat saji yang disiapkan oleh pegawai, bukan robot.

Amazon Go bukanlah toko fisik pertama bagi Amazon. Sebelumnya, perusahaan pernah membuka toko buku Amazon Books, juga bertempat di Seattle.

Perusahaan saat ini dikabarkan sedang berusaha memperluas sebaran toko fisiknya di seluruh Amerika Serikat. Amazon juga punya layanan pengiriman bahan makanan yang perlahan mulai hadir di berbagai pasar di Amerika Serikat. Layanan pengiriman barang ini diberi nama Amazon-Fresh.

Kehadiran Amazon Go tentunya jadi salah satu upaya Amazon untuk membuat tren baru, yakni menghilangkan antrean dan kasir. Rencananya, toko fisik lainnya bakal dibuka di Amerika Serikat untuk semua konsumen Amazon pada 2017 nanti.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.