Sukses

BEKRAF Kini Bisa Suntik Modal ke Startup

Liputan6.com, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif dengan membawahi enam belas subsektor. Keenam belas subsektor tersebut yaitu aplikasi dan pengembangan gim, arsitektur dan desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fesyen, film, animasi video, fotografi, kriya (kerajinan tangan), kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni‎ rupa, televisi dan radio.

Selaras dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini, di antara keenam belas subsektor itu, aplikasi dan pengembangan gim menjadi salah satu subsektor yang menjadi prioritas BEKRAF. Hal itu diungkapkan oleh Ketua BEKRAF Triawan Munaf beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, tidak mengherankan bila BEKRAF akhir-akhir ini juga cukup agresif dengan kegiatan yang berkaitan dengan startup digital. Misalnya, menjadi mitra Fenox Venture Capital yang menyelenggarakan Startup World Cup Indonesia dan menyelenggarakan BEKRAF Game Prime.

Kemudian, ketika menyampaikan materinya sebagai salah satu pembicara di diskusi panel di ajang Local Startup Fest, Deputi Akses Permodalan BEKRAF, Fadjar Hutomo mengatakan bahwa BEKRAF kini diperbolehkan untuk memberikan suntikan modal ke startup yang memerlukan permodalan.

"Alhamdulillah, tahun ini kami diperkenankan untuk memberikan bantuan permodalan. Ada sejumlah dana yang boleh pada waktunya saya akan umumkan, untuk bisa diakses oleh para startup," ujar Fadjar.

Adapun Local Startup Fest resmi dimulai hari ini, Jumat (24/2/2017) di The Space Senayan City, Jakarta. Exhibition, talk show, pitch battle, dan recruitment pitch, dapat pengunjung temukan di acara yang berlangsung hingga Minggu (26/2/2017) ini.

Acara ini terselenggara berkat kolaborasi antara Local.co.id dan Komunitas Startup Lokal, yang didukung oleh pihak-pihak lainnya. 

Dalam sambutannya, pendiri Local.co.id Sayed Muhammad mengatakan, "Banyak yang penasaran apa itu startup, bagaimana membuat startup, dan sebagainya. Bahkan banyak yang tidak tahu apa definisi startup itu sendiri. Di Local Startup Fest ini, kami harapkan mereka bisa tahu semua tentang startup."

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
5 Cara Berangkat Umrah Anti Gagal
Artikel Selanjutnya
Kantongi Rp 14,7 Triliun dari Alibaba, Tokopedia Mau Apa?