Sukses

Samsung Pertimbangkan Kuota Penyimpanan di Galaxy S4

Samsung Galaxy S4 adalah salah satu smartphone Android yang paling banyak dibicarakan tahun ini. Mulai dari bahan plastiknya, fitur-fitur canggih ala TouchWiz Samsung, masalah overheating, hingga kapasitas penyimpanan yang tak sesuai dengan yang dijanjikan.

Terkait kapasitas penyimpanan Galaxy S4 yang dikritik karena pengguna hanya mendapat setengah dari kuota yang dijanjikan, Samsung akhirnya berubah pikiran dan mau menanggapi masalah itu. Padahal sebelumnya perusahaan asal Korea Selatan ini tidak mau menanggapi keluhan pengguna, dan menyarankan memakai kartu microSD jika ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

"Kami menghargai masalah ini dan akan memperbaiki komunikasi kami. Selain itu, kami juga akan mengkaji kemungkinan untuk 'mengamankan' lebih banyak ruang penyimpanan melalui optimasi software untuk ke depannya," kata juru bicara Samsung kepada Cnet UK, yang dikutip Liputan6.com, Sabtu (18/5/2013).

Meski Samsung mengatakan masalah ini terlalu dibesar-besarkan, namun Samsung berjanji akan mendengarkan pelanggan dan merespons kebutuhan mereka sebagai bagian dari proses inovasi perusahaan.

Konsumsi Ruang Penyimpanan

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Samsung mendapat kritik dari salah seorang pengguna Galaxy S4 versi 16GB. Versi ini memang yang paling laris di pasaran, namun dikritik karena kuota penyimpanan yang bisa dipakai hanya 50 persennya saja alias hanya 8GB.

Berkurangnya kapasitas penyimpanan Galaxy S4 secara drastis itu dikarenakan sudah terpakai untuk kepentingan resolusi layar dan menginstal fitur-fitur baru Galaxy S4 seperti Smart Scroll dan Smart Pause. Fitur-fitur itu mengkonsumsi banyak dari ruang penyimpanan internal di Galaxy S4.

Meski menggunakan kartu penyimpanan tambahan, yang perlu dicermati adalah pengguna tidak bisa menginstal aplikasi ke dalam kartu tersebut, hanya bisa menyimpan file seperti foto dan musik. Jadi jika pengguna menginstal aplikasi game yang high-end, penyimpanan internal ponsel secara otomatis akan cepat penuh.

Namun memang Samsung merupakan satu-satunya perusahaan yang menyediakan slot kartu microSD hingga 64GB untuk tambahan kapasitas penyimpanan, sedangkan Apple iPhone dan HTC One tidak. (dew/*)

    Artikel Selanjutnya
    Teaser Galaxy C8 Ungkap Kehadiran Dual Kamera Belakang
    Artikel Selanjutnya
    Samsung Siapkan Tablet untuk Anak-anak