Sukses

Alpha 5000, Kamera Mirrorless Terkecil Yang Pernah Dibuat Sony

Desainnya mirip dengan NEX 5, namun ukuran bodinya lebih mungil dan bobotnya pun lebih ringan.

Kamera ini merupakan kamera mirrorless pertama Sony yang menyandang nama Alpha, di mana belum lama ini vendor elektronik asal Jepang tersebut telah menghapus brand NEX dan menyeragamkan semua lini kamera menengahnya dengan nama depan Alpha.

Kamera yang diluncurkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2014 di Las Vegas ini desainnya mirip dengan NEX 5, namun ukuran bodinya lebih mungil dan bobotnya pun lebih ringan. Bisa dibilang ini adalah kamera mirorless terkecil yang pernah dibuat oleh Sony.

Meski demikian, ukurannya masih kalah mungil dan ringan dari kamera mirrorless Panasonic Lumix DMC-GM1, yang hanya memiliki dimensi bodi 98,5 x 54,9 x 30,4 mm dengan bobot hanya 204 gram apabila disandingkan dengan baterai dan kartu memori SD. Sementara Alpha 5000 berukuran 110 x 63 x 36 mm dengan berat 269 gram, termasuk baterai.



Mengutip laman Gizmag, Jumat (10/1/2014), kelebihan yang ada pada kamera ini adalah memiliki sensor APS-C beresolusi 20 megapiksel dan prosesor gambar BionZ yang digunakan pada kamera full frame Sony Alpha 7 dan Alpha 7R.  

Selain itu Alpha 5000 juga sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi dan Near field Communication (NFC) untuk sharing foto ke smartphone dan tablet secara nirkabel. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk membidik gambar dari jarak jauh melalui handset sebagai trigger. Ditambah layar LCD 3 inci model tilt yang bisa diputar hingga 180 derajat dan tuas zoom optik di bodi kamera untuk membantu merekam video.

Alpha 5000 dipersenjatai pula dengan lensa E-mount yang dapat disandingkan dengan 22 lensa berbeda. Kamera ini akan dipasarkan pada Maret 2014 dengan harga sekitar US$ 600 atau Rp 7,3 jutaan yang dipaket lensa kit 16-50mm. (isk)


Baca juga:
Kamera Mirrorless Panasonic Ini Seukuran Kartu ATM
Kamera Kelas Profesional Nikon D4S Resmi Diumumkan
Inilah Lensa Sapu Jagat dan Lensa Fix Terbaru Dari Sigma

Rayakan HUT ke-100, Leica Hadirkan `Kamera Puzzle` Unik
Harumkan Nama Bangsa, Fotografer Cilik Menang Kontes Foto Dunia
Bosan Dengan Lensa Standar? Inilah Lensa Makro 3in1 Untuk iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini