Sukses

Inilah Kamera Mirrorless Pertama Fujifilm yang Anti Air

Selain tahan cuaca, kamera ini juga anti cipratan air dan debu serta mampu bertahan di kondisi ekstrim hingga minus 10 derajat celcius.

Liputan6.com, Jakarta Fujifilm Indonesia kembali menghadirkan kamera mirrorless berdesain retro. Kali ini kamera yang diperkenalkan memiliki bodi yang tahan terhadap kondisi ekstrim.

Bodi dari kamera yang diberi nama X-T1 ini dibalut magnesium alloy. Dari sisi desain terlihat lebih nyaman ketimbang pendahulunya, X-E2 dan X-Pro1. Selain tahan cuaca, kamera ini juga anti cipratan air dan debu serta mampu bertahan di kondisi ekstrim hingga minus 10 derajat celcius.

Layar fleksibel 3 incinya pun dilapisi lapisan kaca yang berguna sebagai pelindung. Menariknya kamera ini menyuguhkan tombol pengaturan model putar yang mirip dengan kamera analog profesional. Tersedia tiga tombol putar di atas bodi untuk mengatur kompensasi eksposur, ISO, dan kecepatan rana.

"Ini adalah kamera sistem seri X generasi ke-13 yang Fujifilm luncurkan sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011. Kamera ini bisa dibilang sebagai kamera mirrorless pertama kami yang anti cipratan air dan debu serta kondisi ekstrim," kata Takayuki Takahash, President Director Fujifilm Indonesia yang ditemui di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Untuk menghasilkan foto yang detil, Fujifilm XT-1 ditopang sensor APS-C X-Trans CMOS II 16 megapiksel dan prosesor gambar EXR II. Dengan spesfikasi tersebut, kamera ini menjanjikan waktu startup 0,5 detik, jarak waktu bidik foto satu ke foto berikutnya 0,5 detik, dan waktu shutter lag 0,05 detik.

Sementara itu, Ade Yogaswara selaku Product Specialist Fujifilm Indonesia mengklaim bahwa kamera ini memiliki sistem fokus tercepat di dunia dengan kecepatan 0,08 detik.

"X-T1 dapat mengambil foto secara terus menerus hingga 8 foto per detik. Semua itu berkat paduan teknologi phase detection dan motion predictive autofocus," ujar Ade.

Soal jendela bidik, X-T1 dilengkapi electronic viewfinder yang mirip XE-2, yaitu teknologi OLED dengan tingkat kerapatan piksel mencapai 2,36 juta titik. Bahkan tingkat pembesarannya mencapai 0.77x, lebih tinggi dari kamera mirrorless lain yang ada saat ini.

Ade menyebut, Fujifilm XT-1 juga sudah dilengkapi koneksi WiFi untuk berbagi foto ke smartphone atau tablet PC via aplikasi mobile yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

Mengenai harga, pihak marketing Fujifilm mengonfirmasi bahwa kamera X-T1 dipasarkan dengan harga sekitar Rp 16 jutaan untuk body only, dan jika dipaket dengan lensa kit akan dikenai banderol sekitar Rp 21 jutaan. Kamera ini tersedia di pasar Indonesia mulai minggu depan.


Baca juga:

Fujifilm X-E2, Kamera Dengan Autofokus Tercepat di Kelasnya
Fujifilm Tawarkan Kamera Compact Rp 4,4 Jutaan
Tinggalkan Kamera DSLR, Olympus Fokus ke Mirrorless
Kamera Mirrorless Ini Setara Dengan Kamera Full-frame

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini