Sukses

Startup Indonesia Menang Kontes Aplikasi di Barcelona

Startup asal Bandung ini berhasil memenangi kontes aplikasi bertaraf internasional untuk kategori Role-playing and Strategy.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu startup asal Indonesia yang menyebut dirinya sebagai Kidalang berhasil memenangkan kontes Tizen App Challenge di acara Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol.

Kidalang memenangi kontes bertaraf internasional tersebut untuk kategori Role-playing and Strategy lewat aplikasi game besutannya yang bertajuk `Sage Fusion 2`. Atas torehan tersebut mereka berhak memperoleh hadiah senilai US$ 250 ribu atau sekitar Rp 2,9 milyar (kurs US$ 1 = Rp 11.595).

"Kami sangat senang dan bangga telah memenangkan Tizen App Challenge. Kami percaya bahwa pengembang-pengembang Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional," kata salah satu pendiri Kidalang, Yusdi Saliman, seperti dikutip dari laman Tizen Developers.

Kidalang merupakan startup asal Bandung yang fokus di sektor mobile game. Terdiri dari tiga orang pengembang, yaitu Bernardus Ivan Haryadi, Yohan Alexander, dan Yusdi Saliman. Aplikasi “Sage Fusion 2” saat ini telah tersedia untuk iPhone, iPad, iPod touch, dan BlackBerry Z10.

Tizen App Challenge sendiri merupakan kontes pembuatan aplikasi menggunakan platform mobile Tizen untuk berbagai perangkat bergerak. Dalam lomba ini terdapat total hadiah sebesar US$ 4,04 juta bagi 54 pendaftar di 9 kategori.

Tizen adalah sistem operasi (OS) besutan Samsung yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing Android. Dari bocoran yang diungkap BGR, antarmuka (UI) dari OS ini sepertinya akan tampil beda dari UI TouchWiz yang biasa diterapkan Samsung pada smartphone Android miliknya.

(isk/dew)

Baca juga:
Skater Profesional Tony Hawk Terjun ke Industri Game Mobile
Aplikasi Kencan Khusus Gay Diserbu Peminat di China
Dominasi Tablet iPad Runtuh Dihantam Android

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini