Sukses

Bill Gates Tak Restui Rencana Microsoft Akuisisi Nokia?

Penolakan rencana akuisisi datang dari Bill Gates dan Satya Nadella, CEO Microsoft yang saat itu menjabat sebagai pimpinan divisi cloud.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang diketahui, Microsoft saat ini sedang dalam proses pengakuisisian divisi perangkat milik Nokia. Proses akuisisi tersebut diprediksi bakal rampung sebelum kuartal pertama 2014 ini berakhir.

Meski diyakini oleh sejumlah pihak sebagai langkah bisnis yang tepat, namun baru-baru ini berhembus kabar bahwa sebelumnya sempat ada penolakan dari sejumlah pimpinan Microsoft terkait proses akuisisi Nokia.

Menurut laporan Bloomberg, penolakan rencana akuisisi itu hadir dari Bill Gates selaku pendiri Microsoft dan Satya Nadella, CEO Microsoft yang saat itu masih menjabat sebagai pimpinan divisi komputasi cloud.

Selain mereka berdua, pimpinan Skype yang kini telah mengundurkan diri, Tony Bates, disebutkan pula sebagai pihak yang menentang rencana akuisisi terhadap divisi perangkat Nokia. Di lain pihak, Steve Ballmer, yang saat itu menjabat sebagai CEO diyakini sebagai pencetus rencana akuisis Nokia.

Perbedaan pendapat dan keretakan di jajaran pimpinan dan dewan direksi Microsoft itu pun dikabarkan berbuah rencana pengunduran diri Steve Ballmer dari posisi CEO saat itu. Meski sebenarnya ia memang sudah memutuskan pensiun di awal tahun 2014 ini sejak jauh-jauh hari sebelum pertentangan proses akuisisi Nokia ini terjadi.

Ancaman Ballmer terbukti ampuh, jajaran pimpinan Microsoft, termasuk Bill Gates, berhasil diyakinkan olehnya. Bahkan, Nadella menjadi pihak yang dikenal sangat mendukung keputusan Ballmer.

"Nokia adalah pionir dan yang terdepan di dunia perangkat mobile baik di sisi hardware, desain, distribusi global dan pencitaan produk berkelas, serta koneksi di seluruh pasar mobile. Ini adalah langkah yang tepat bagi Microsoft," ungkap Nadella saat itu seperti yang dilansir laman Softpedia.

Baca juga: 
Mendarat di Malaysia, Nokia X Dibanderol Rp 1,4 Juta 
Siap-siap, Nokia Android Segera Menyambangi Negara Ini
Nokia Akhirnya Mau Adopsi Android, Kenapa?
Nokia : Smartphone Andorid Akan Buat Microsoft Makin Jaya
Akhirnya, Ponsel Nokia Android Menampakkan Diri
Nokia XL, Smarphone Android Nokia Berlayar Bongsor
Nokia Android Akan Diproduksi di Negara Ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.