Sukses

Fitur-fitur di iPhone 6 Serupa dengan Android Nexus 4

Spesifikasi yang ada pada iPhone 6 sudah dua tahun lebih dulu digunakan pada smartphone Android, alias ketinggalan zaman.

Liputan6.com, Cupertino - Ada yang merasa puas dan ada pula yang merasa kecewa melihat peluncuran iPhone 6. Salah satu yang kecewa berat adalah Ron Amadeo, seorang jurnalis situs berita teknologi Ars Technica.

Meski lebih dikenal sebagai fans Android, namun Ron mengaku berharap lebih pada iPhone 6. Akan tetapi apa daya, Ron justru menjadi sangat kecewa dengan apa yang disematkan Apple pada iPhone 6, khususnya di sektor fitur. 

Menurut penjelasan Ron, fitur-fitur yang diusung iPhone 6 tidak lebih hebat dibandingkan fitur-fitur yang disematkan pada smartphone Android Nexus 4. Padahal notabene Nexus 4 sudah dirilis sejak 2012 lalu. Ini artinya, spesifikasi yang ada pada iPhone 6 sudah dua tahun lebih dulu digunakan pada smartphone Android, alias ketinggalan zaman.

Seperti yang dilaporkan laman 9to5google, Kamis (11/9/2014), Ron mem-posting sebuah foto infografis perbandingan fitur antara iPhone 6 dan Nexus 4 melalui akun Google+ pribadinya. Di bagian akhir infografis itu ia menuliskan kalimat sindiran.

"Jika Anda kesulitan dan butuh bantuan terkait fitur-fitur baru pada iPhone, tanyakan saja pada pengguna Android. Kamu sudah memilikinya sejak bertahun-tahun lalu," tulisnya.



Menurut deskripsi infografis yang dijabarkan Ron, terlihat bahwa ada kesamaan antara fitur iPhone 6 dan Nexus 4. Layarnya sama-sama 4,7 inci, bahkan Nexus 4 lebih unggul di sektor resolusi dengan 760p, sementara iPhone 6 750p.

Lalu ada fitur NFC yang sudah lebih dulu dimanfaatkan di banyak perangkat Android. Notification actions, widgets, 3rd-party keyboards, dan masih banyak fitur lainnya yang serupa dengan Nexus 4.

Memang setelah acara peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus muncul berbagai pendapat pro dan kontra. Banyak pengamat yang beranggapan bahwa kini Apple telah menyerah dan memutuskan untuk mengikuti jejak Android. 

Asumsi ini terlihat dari penggunaan layar yang lebih besar untuk pertama kalinya pada varian iPhone. Lalu Apple pun memindahkan letak tombol power pada iPhone 6 ke bagian samping body, persis seperti pada jajaran smartphone Android.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.