Sukses

Disebut Pencuri, Xiaomi Tantang Apple

Pernyataan tajam bos desain Apple, Jony Ive, mengenai kompetitor yang mencontek desain Apple adalah pencuri, akhirnya menuai reaksi.

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan tajam bos desain Apple, Jony Ive, mengenai perusahaan-perusahaan lain yang mencontek desain Apple adalah pencuri, akhirnya menuai reaksi. Pihak Xiaomi sebagai salah satu yang merasa tersindir, menyarankan Ive untuk mencoba produk Xiaomi terlebih dahulu sebelum mengkritik.

Presiden Xiaomi, Lin Bin, mengatakan bahwa seseorang tidak bisa mengkritik jika belum mencoba produk yang dikritik. Namun dia tidak memaksa semua orang untuk menggunakan produk Xiaomi.

"Xiaomi adalah perusahaan yang sangat terbuka, yang tidak akan pernah memaksa siapa pun untuk menggunakan produknya. Namun seseorang hanya bisa menilai gadget Xiaomi, setelah mereka mencoba produk itu terlebih dahulu," tutur Bin, seperti dilansir BGR, Selasa (14/10/2014).

Untuk itu, Bin tak keberatan memberikan ponsel Xiaomi kepada Ive. "Saya sangat rela memberikan sebuah ponsel Xiaomi kepadanya (Ive) sebagai hadiah. Dan saya menunggu pendapatnya setelah menggunakan ponsel itu," sambungnya.

Xiaomi sendiri sebenarnya telah membantah tudingan bahwa perusahaan mencontek desain Apple. Pasalnya, beberapa produk Xiaomi dinilai memiliki tampilan yang sama dengan produk Apple, salah satunya MiPad yang disebut mirip dengan iPad mini Retina Display.

Adapun bantahan Bin ini tak lama berselang setelah pernyataan Ive meluas di ranah maya.

"Saya pikir ini sudah jelas: ini adalah pencurian dan bentuk kemalasan. Dan saya pikir ini semua tidak bisa dibenarkan," tutur Ive dalam sebuah wawancara dengan Vanity Fair. Namun saat itu, Ive tidak secara gamblang menyebutkan Xiaomi sebagai salah satu perusahaan yang mencontek desain Apple.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.