Sukses

Siapa Dalang di Balik Peretasan Komputer Sony Pictures?

Sony Pictures dilaporkan melakukan investigasi untuk mengetahui apakah serangan itu berkaitan dengan Korea Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Sony Pictures Entertainment tak tinggal diam setelah sistem komputer perusahaan diserang oleh hacker. Perusahaan dilaporkan melakukan investigasi untuk mengetahui apakah serangan itu berkaitan dengan Korea Utara (Korut).

Mashable yang mengutip laporan Re/code mengungkapkan bahwa alasan peretasan itu kemungkinan adalah respon atas film terbaru Sony, The Interview. Film ini berkisah tentang upaya pembunuhan pimpinan Korut, Kim Jong Un.

Sony dan konsultan keamanan luar perusahaan menduga hacker yang menyerang sistem komputer berada di Tiongkok. Serangan mereka diduga sebagai balasan atas film tersebut. The Interview dijadwalkan rilis pada Hari Natal.

Serangan hacker ini memaksa Sony Pictures Entertainment menutup seluruh jaringan komputer perusahaan pada pekan lalu. Langkah ini dilakukan tak lama setelah mendapatkan serangan besar-besaran oleh kelompok hacker Guardian of Peace (GOP).

GOP mengklaim mendapatkan bantuan dari 'orang dalam ' Sony untuk bisa mengambil alih sistem komputer. Ada karyawan Sony yang membiarkan mereka masuk ke jaringan komputer.

Sony sampai ini belum memberikan konfirmasi resmi mengenai dalang dari serangan. Upaya untuk menghubungi Sony juga belum berhasil dan email ke akun media Sony dijawab dengan keterangan, "sistem email saat ini sedang mengalami gangguan." 

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.