Sukses

Metal Gear Solid V Resmi Melenggang, Hideo Kojima: Sayonara!

Hideo Kojima resmi mengucapkan selamat tinggal, seiring dengan dirilisnya karya terakhirnya; Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Liputan6.com, Tokyo - Saga Metal Gear Solid telah mencapai tahap akhir. Awal September ini, game Action-adventure tersebut telah dirilis secara global. Seri terakhir yang berjudul Metal Gear Solid V: The Phantom Pain tersebut pun langsung disambut para gamer dengan antusias. 

Bahkan, beberapa kritikus game ternama memberikan rating `nyaris sempurna` ke game bernuansa stealth action yang disutradarai oleh Hideo Kojima ini.

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain memang menjadi seri terakhir Kojima berkarya di Konami, perusahaan publisher dan developer yang mengembangkan game tersebut. 

Diungkap, setelah Kojima selesai menggarap game ini pada saat bersamaan Konami merilis secara global, maka ia akan resmi hengkang dari perusahaan yang telah membesarkan namanya sejak tahun 1986 silam.

Menurut informasi yang dilansir laman Kotaku, Jumat (4/9/2015), Kojima telah merilis sebuah video bertajuk `Debriefing` seputar Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dan juga ditutup dengan ucapan perpisahannya kepada para fans serta Konami.


Hideo Kojima's Sad Farewell To Metal Gear

Di akhir video yang berdurasi sepuluh menit tersebut, Kojima melanturkan sepatah dua patah kata perpisahan dan kesan pesannya selama ia di Konami. Ia mengatakan bahwa semoga seri akhir dari Metal Gear Solid ini menjadi sebuah `jembatan` yang akan selalu membuat para gamer teringat dengan seri Metal Gear Solid.

"Saya sudah memikirkan hal ini sejak saya menggarap Metal Gear Solid IV, dan jawabannya ada di seri terakhir ini (Metal Gear Solid V). Saya berharap fans bisa senang terhadap kerja keras yang telah saya dan tim lakukan untuk mengembangkan game ini," kata Kojima.

"Bagaimanapun, saya merasa saya dan tim telah membuat sesuatu yang spesial di seri kelima ini. Saya harap semua bisa menikmatinya. Terima kasih semuanya dan sampai jumpa," tutupnya dengan ekspresi wajah sederhana, namun tersimpul raut haru di akhir video tersebut.

Kontan, video `perpisahan` ini memancing emosi haru dari para fans. Mereka berterima kasih atas jasa dan kontribusi Kojima di dunia video game dengan menghadirkan game berkualitas seperti Metal Gear Solid. Bagaimanapun, Kojima tidak akan dilupakan begitu saja. Terlebih, dikabarkan ia tetap akan berkecimpung di dunia game meskipun sudah tidak dipinang Konami lagi.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain telah dirilis untuk PlayStation 3 (PS3), Xbox 360, PS4, Xbox One dan PC.

Berikut video perpisahannya:



(jek/cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.