Sukses

Ada Bug Berbahaya Ancam Pengguna Android Lewat Lagu

Stagefright punya cara baru untuk ancam pengguna Android lewat preview lagu yang akan diunduh.

Liputan6.com, Jakarta - Stagefright, bug yang sebelumnya mengancam para pengguna Android lewat pesan multimedia, ternyata sekarang memiliki cara lain untuk mengancam pengguna Android.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Jumat (2/10/2015), Zimperium Labs, perusahaan keamanan mobile yang juga menemukan bug Stagefright beberapa bulan lalu, berhasil menemukan cara lain yang digunakan penyerang untuk menyebarkan malware ini.

Cara yang dilakukan untuk penyerang adalah dengan menyusupkan malware ke dalam file MP3 atau MP4, lalu disebar melalui beberapa situs untuk dapat diunduh.

Kemudian, pengguna Android yang secara langsung mengunduh file tersebut akan diarahkan untuk mendengarkan preview lagu tersebut secara otomatis. Saat itulah malware akan masuk ke perangkat Android.

Diperkirakan akan ada sekitar satu juta perangkat Android yang terancam malware itu, sebab versi Android saat ini memiliki fitur untuk secara otomatis memutar preview sebelum mengunduh sebuah lagu.

Untuk saat ini, Google dikabarkan masih sedang mengusahakan memperbaiki masalah Stagefright ini dan diperkirakan akan hadir pada pembaruan keamanan terbaru dari Google.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.