Sukses

Apa Fungsi Garis Pembatas di Kover Belakang iPhone 6s?

Masih menjadi pertanyaan bagi sebagian besar pengguna iPhone, apakah fungsi dari garis pembatas tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Generasi keenam iPhone -- iPhone 6s dan 6s Plus (dan tentunya seri pendahulunya; iPhone 6 dan 6 Plus) menjadi seri iPhone yang memiliki rombakan desain yang berbeda dari seri iPhone sebelumnya.

Jika dilihat, ukuran iPhone 6/6s memiliki layar lebih besar dibandingkan iPhone 5s. Bobot iPhone teranyar besutan Apple ini lebih ringan dan tipis dari seri iPhone lawas tersebut.

Yang paling mencolok dari rombakan desain iPhone 6/6s adalah hadirnya garis yang membatasi kamera dengan kover belakang iPhone yang terbuat dari aluminium.

Garis ini konon terbuat dari material keramik dan kaca, membatasi dua bagian kover belakang iPhone, yakni di atas dan di bawah kover. Garis pembatas tersebut hadir dengan warna putih dalam seri iPhone 6s gold dan rose gold. Namun, garis pembatas ini tampil dengan warna keabu-abuan di seri iPhone 6s space gray.

Nah, hal inilah yang masih menjadi pertanyaan bagi sebagian besar pengguna iPhone, apakah fungsi dari garis pembatas tersebut? Jika dibandingkan dengan iPhone 5/5s dan iPhone 4/4s, kover belakangnya tidak memilik garis pembatas seperti yang ada di iPhone 6/6s.

Hadirnya garis pembatas tersebut pun malah dijadikan bahan olokan sebagian pengguna iPhone karena cukup `menggangu` desain kover belakang iPhone 6/6s.

Fungsi dari garis pembatas di belakang iPhone 6/6s diduga sebagai `penghantar` sinyal iPhone

Sampai detik ini, Apple bahkan tidak mengungkap fungsi dari garis pembatas tersebut. Tetapi, menurut yang dilaporkan Tech Insider, Kamis (15/10/2015), sudah banyak spekulasi yang menduga bahwa garis pembatas tersebut berfungsi sebagai `antena` dari iPhone 6/6s.

Menurut pandangan Jeff Snyder, ahli perangkat smartphone yang juga merangkap sebagai direktur marketing di iFixit (perusahaan yang menjual peralatan perbaikan gadget), garis pembatas tersebut sebetulnya berfungsi sebagai penghantar sinyal iPhone yang hadir lewat kover belakang smartphone tersebut.

"Hal serupa pun hadir pada seri 4/4s dan 5/5s yang memliki pembatas yang terbuat dari kaca di atas dan bawah kover. Pembatas itu memang hadir sebagai penyalur sinyal iPhone. Bedanya di iPhone 6/6s hadir sebagai garis pembatas. Saya pikir Apple merubah pembatas tersebut karena isu perubahan desain semata," tuturnya.

Geliat Apple secara perlahan memperluas pemasaran iPhone 6s dan 6s Plus memang semakin kencang. Secara keseluruhan, iPhone 6s akan dijual di 76 negara setelah tiga pekan penjualan perdana digelar pada 25 September 2015.

Nantinya, setelah menyambangi sejumlah negara sejak peluncuran perdana pada 25 September, seri iPhone 6s akhirnya meluncur ke berbagai negara lain.

Secara keseluruhan, iPhone 6s akan tersedia di lebih dari 130 negara pada akhir tahun ini. Penjualan di berbagai negara ini dinilai sebagai peluncuran tercepat iPhone yang pernah ada.

(Jek/Isk)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.