Sukses

Bos Apple: Industri Mobil Akan Segera Berubah

CEO Apple, Tim Cook, menyinggung soal perubahan besar yang akan terjadi pada industri otomotif.

Liputan6.com, Jakarta Ambisi Apple terhadap industri otomotif kembali menjadi perbincangan. Pasalnya, sang Chief Executive Officer (CEO), Tim Cook, menyinggung soal perubahan besar yang akan terjadi di industri otomotif, dalam konferensi WSJD Live The Wall Street Journal.

Apple saat ini diketahui tengah mengembangkan mobil pintar. Namun, seperti isu-isu sebelumnya, perusahaan menolak berkomentar soal berbagai rumor yang berkembang.

Kini Cook sedikit menyinggung soal industri otomotif. Menurutnya, software atau piranti lunak akan memainkan peran penting dalam perkembangan mobil di masa depan.

"Ketika saya melihat mobil, yang saya lihat adalah software akan menjadi bagian yang sangat penting di masa depan. Kalian akan menilai, mengendarai otonomos (tanpa pengemudi) akan menjadi lebih penting," ungkap Cook, seperti dilansir Business Insider, Jumat 23 Oktober 2015.

Di luar isu pengembangan mobil, Apple sebenarnya telah berkecimpung di industri otomotif dengan meluncurkan CarPlay, yakni semacam sistem operasi mobile untuk sistem infotainment mobil.

Ke depan, Cook ingin agar sebuah mobil benar-benar menyuguhkan pengalaman seperti saat mereka menggunakan iPhone dengan segala kecanggihannya.

"Saya tidak tahu jenis mobil yang kalian punya sekarang, tapi tampilannya kemungkinan tidak berada dalam daftar 10 besar apa yang kalian sukai dari mobil kalian. Industri ini (otomotif) berada pada titik perubahan dalam skala besar, bukan sekadar perubahan evolusioner," jelasnya.

Kendati menyinggung soal industri mobil, Apple sampai saat ini tidak pernah terbuka menanggapi rumor soal pengembangan mobil. Sebelumnya dalam sebuah wawancara, Cook terlihat enggan menanggapi pertanyaan soal proyek mobil tersebut yang disebut bernama "Project Titan".

Tak hanya mengelak, Cook berulang kali berusaha mengubah topik pembicaraan. Ia juga bertanya kepada sang pewawancara, apakah ada pertanyaan yang lain. Adapun sejumlah laporan terpisah, menyebutkan mobil Apple dirilis pada 2019, tapi tidak menutup kemungkinan jadwal peluncuran akan berubah.

(Din/Cas)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini