Sukses

Dituang Cairan Kimia, Warna `Rose Gold` iPhone 6s Langsung Pudar

Seperti apa `pudar` yang dialami iPhone 6s Rose Gold ketika direndam di dalam cairan kimia Bromin?

Liputan6.com, California - iPhone 6s menjadi satu dari beberapa smartphone yang kini tengah diuji ketahanannya. Bagaimana tidak? dibanderol dengan harga tinggi, maka sudah seharusnya smartphone pabrikan Apple ini memiliki tingkat ketahanan yang layak.

Sampai saat ini, sudah banyak jenis uji ketahanan yang dilakukan beberapa gadget reviewer, bahkan sampai yang paling ekstrem sekalipun dilakukan -- di mana iPhone 6s direndam di dalam lahar panas.

Kali ini, gadget reviewer yang kerap menguji gadget secara ekstrem -- TechRax, kembali `menyiksa` seri teranyar iPhone tersebut. Lewat video yang diunggah di channel resminya, ia mencoba merendam iPhone 6s di dalam Bromin, yakni merupakan cairan kimia berwarna merah kecoklatan yang termasuk ke kategori halogen bersama dengan yodium, flour, klorin serta astatin.

Di videonya yang telah ditonton lebih dari 2,4 juta viewers, pria tersebut menyiapkan sebuah wadang bening dan iPhone 6s berwarna Rose Gold. Sebelum iPhone 6s Rose Gold diletakkan di wadah tersebut, ia menggulung aluminium foil yang nantinya akan diletakkan di alas wadah.

Setelah itu, ia menuangkan sedikit cairan bromin ke dalam aluminium foil yang telah digulung. Reaksi pertama, wadah tersebut berasap dan melepuh. Barulah ia meletakkan iPhone 6s Rose Gold di dalam wadah yang sudah `memanas` ini. Setelah beberapa saat, ia mencoba kembali menuangkan cairan bromin ke wadah dalam kuota yang lebih banyak. Hasilnya? wadah tersebut mengeluarkan lebih banyak asap dan bahkan memijarkan api!

Setelah penguji menunggu wadah tersebut padam, ia langsung mengangkat iPhone 6s dari wadah. iPhone 6s tampak rusak berat dan tidak berfungsi sama sekali. Ajaibnya, layar iPhone 6s tetap mulus, meski kover belakang iPhone 6s yang berwarna Rose Gold langsung memudar dan berubah menjadi abu-abu gelap.

Sekadar informasi, Bromin merupakan cairan kimia yang sangat berbahaya dan dapat menciptakan reaksi yang `ganas` ketika tercampur dengan materi aluminium, terutama pada aluminium foil. Meski begitu, iPhone 6s diungkap memiliki material aluminium anodized yang sedikit berbeda dengan aluminum lain, namun tetap memiliki kemungkinan untuk meledak.

Warna Rose Gold nyatanya menjadi primadona bagi peminat iPhone 6s. Menurut analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, Rose Gold menjadi warna paling populer selama periode pre-order iPhone 6s yang dimulai pada 12 September.

Laman Apple Insider yang dikutip Rabu (4/11/2015) melansir, sumber dari rantai pasokan mengatakan kepada Kuo, bahwa sekitar 30-40 persen dari total pre-order iPhone 6s adalah untuk varian warna Rose Gold.



(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini