Sukses

Mobil Apple Ternyata Pernah Masuk Rencana Steve Jobs

Meskipun kabar tentang rencana Apple membuat mobil muncul baru-baru ini, namun ternyata Steve Jobs pernah memiliki ide yang sama pada 2008.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang rencana Apple untuk membuat mobil elektrik sendiri memang baru terdengar beberapa tahun belakangan. Namun, ternyata gagasan Apple untuk membuat mobil sendiri pernah dilontarkan oleh pendiri sekaligus mantan CEO Apple, Steve Jobs, di tahun 2008.

Hal ini terungkap dari wawancara Tony Fadell, mantan SVP Apple, dengan Bloomberg beberapa waktu lalu. Dalam keterangannya, Fadell mengungkapkan bahwa ia dan Jobs terkadang bertukar ide dan saling mengajukan pertanyaan hipotesis mengenai desain mobil.

"Jika kita akan membuat kendaraan, mobil seperti apa yang akan kita buat? Seperti apa bentuk dashboard-nya? Berapa bangku yang ada di dalamnya? Bagaimana cara mengisi mobil tersebut?" Ungkap Fadell, seperti dikutip dari laman Bloomberg, Jumat (6/11/2015).

Fadell mengungkapkan bahwa keadaan industri mobil pada saat itulah yang membuat keduanya mencetuskan ide mobil tersebut.

"Sebuah hal yang menyenangkan ketika hadir dengan ide-ide tersebut. Terlebih saat itu industri otomotif di Detroit hampir mati," tambah Fadell.

Namun, akhirnya ide membuat mobil itu tidak dilanjutkan lebih jauh. Sebab, menurut Fadell, Jobs pada saat itu lebih fokus pada usaha untuk membuat iPhone jadi produk yang dikenal banyak orang.

Fadell menuturkan bahwa saat itu Jobs lebih memilih untuk mencurahkan seluruh tenaganya untuk pengembangan iPhone dan perangkat Apple lainnya. Sebab, produk itu yang dirasa dapat memberikan dampak luar biasa bagi dunia.

Pernyataan Fadell ini sangat menarik karena saat ini Apple disebut tengah sedang gencar-gencarnya mengembangkan teknologi mobil listrik. 

Kendati tidak mengeluarkan pernyataan resmi terkait pengembangan mobilnya, namun Apple disebut terus melakukan perekrutan tenaga kerja dalam bidang otomotif eletrik. Bahkan, mobil Apple digadang-gadang akan dirilis pada 2019.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini