Sukses

Bapak Robotika Joseph Engelberger Meninggal Dunia

Joseph F. Engelberger, seorang insinyur yang dikenal sebagai bapak robotika, telah meninggal pada usia 90.

Liputan6.com, Jakarta - Joseph F Engelberger, seorang insinyur yang dikenal sebagai bapak robotika, telah meninggal dunia di usia 90 tahun. Asosiasi Industri Robotika menegaskan bahwa ia meninggal pada Selasa (1/12/2015) kemarin di rumahnya di Newtown, Connecticut. 

Diungkapkan Venture Beat, Rabu (2/12/2015), Engelberger menciptakan industri robot pertama di dunia dan membantu mengubah fiksi ilmiah menjadi kenyataan. Industri robot sendiri menyumbang US$ 1,6 miliar penjualan pada 2014, menurut Asosiasi Industri Robotika.

Karya Engelberger ini, kata Asosiasi Industri robotika, telah merevolusi proses produksi industri dan otomotif modern, serta melanjutkannya untuk membangun robotika dalam layanan manusia. Engelberger diketahui mendirikan Unimation sebagai produsen robotika industri pertama di dunia.

Sekadar informasi, dia tidak melakukan semua langkah perintisan sendirian. Dia bertemu dengan sesama insinyur dan investor George Devol pada 1956 di sebuah pesta koktail. Mereka mendiskusikan filosofi dari penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov mengenai robot, juga perangkat ciptaan Devol.

 

Engelberger menganggap perangkat Devol sebagai robot dan kemudian dia memahami bahwa perangkat tersebut dapat digunakan di bidang produksi, khususnya untuk melakukan pekerjaan berbahaya bagi manusia. 

Bekerja sama dengan Devol, Engelberger mengembangkan robot industri pertama di Amerika Serikat yang disebut 'Unimate'. 

Robot itu dipasang untuk keperluan industri di pabrik General Motors pada 1961. Sejak saat itu, sekitar 3 juta robot dipasang di fasilitas produksi di seluruh dunia. (Why/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.