Sukses

Nilai Uber Lampaui General Motors dan Ford

Aplikasi berbagi tumpangan (ride-sharing) Uber kini mempunyai nilai fantastis, jauh di atas General Motors dan Ford.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi berbagi tumpangan (ride-sharing) Uber kini mempunyai nilai fantastis: US$ 62,5 miliar. Nilai tersebut jauh di atas nilai General Motors dan Ford.

Pada penutupan trading reguler belum lama ini, kapitalisasi pasar GM dan Ford masing hanya mencapai sekitar US$ 56,4 miliar. Menariknya, nilai Uber di pasar swasta juga melampaui Honda, meskipun masih terpaut sedikit di bawah Toyota, Daimler, Volkswagen, dan BMW.

Nilai Uber yang meroket ini, berdasarkan informasi yang dikutip dari NY Post, Senin (7/12/2015), disebabkan investor terus menggelontorkan sejumlah uang pada Uber. Startup yang berbasis di San Francisco ini, menurut Bloomberg, masih sedang berusaha mengumpulkan dana US$ 2,1 miliar.

Akhir-akhir ini Uber secara agresif telah bercabang membuka lini bisnis baru, seperti pengiriman makanan dan paket. Sebab, Uber bertujuan untuk menjadi penyedia logistik komprehensif yang bersaing dengan FedEx dan UPS.

Dipimpin oleh Travis Kalanick, Uber juga telah merogoh dana besar untuk mengembangkan mobil self-driving, yang menurut sejumlah ahli bisa menghilangkan kebutuhan supir, dan biaya besar tentunya, dalam hitungan tahun saja.

Adapun para investor di babak pembiayaan saat ini, menurut laporan Bloomberg, mencakup Tiger Global Management dan T. Rowe Price.

Kantor berita tersebut juga mengatakan Uber tengah mencari 'investor strategis dengan kepentingan bisnis bersama' lainnya. Investor strategis dalam putaran pendanaan sebelumnya termasuk Microsoft, yang kabarnya menyalurkan dana sekitar US$ 100 juta ke Uber.

(Why/Isk)



**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini