Sukses

NASA Buka Lowongan Astronot, Berminat?

Meski siapa pun bisa mencoba mengajukan lamaran pekerjaan astronot ini, NASA akan tetap menyeleksi kandidat pelamar secara ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Cita-cita menjadi astronot kini bukan lagi sepenggal bait di lagu anak-anak. Pasalnya, The National Aeronautics and Space Administration (NASA) baru saja mengumumkan bahwa mereka akan membuka lowongan pekerjaan untuk menjadi astronot kepada siapa pun yang berminat!

Per 14 Desember 2015, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut telah membuka lamaran untuk pekerjaan ini.

Namun, seperti yang dilansir Mashable, Rabu (16/12/2015), meski siapa pun bisa mencoba mengajukan lamaran pekerjaan astronot ini, NASA akan tetap menyeleksi kandidat pelamar secara ketat.

Salah satu administrator yang juga merangkap sebagai juru bicara NASA, Charles Bolden, mengatakan bahwa kandidat astronot ini akan ditugaskan untuk misi ekspedisi lanjutan planet Mars.


“Nanti, mereka (para astronot terpilih) akan diterbangkan dari Amerika Serikat menggunakan spacecraft terbaru kami dan akan ditugaskan untuk meneliti kehidupan Mars lebih lanjut.”

Selain itu, Bolden menambahkan, NASA juga memiliki prasyarat khusus untuk para kandidat pelamar.

Mereka setidaknya harus memiliki gelar sarjana dari studi terkait seperti teknik, biologi, fisika, ilmu komputer atau matematika. “Kami lebih memilih yang memiiliki gelar master atau PhD,” tuturnya.

Tak sampai di situ, ia juga mengungkap bahwa nantinya para astronot yang telah direkrut akan menjalani training selama tiga tahun atau setidaknya harus memiliki pengalaman terbang mode 'pilot-in-command' jet aircraft sebanyak 1.000 jam.

Persyaratan lainnya adalah calon astronot juga harus memiliki penglihatan yang baik 20/20 (tidak berkacamata), tekanan darah yang baik, dan memiliki tinggi badan minimal 157 - 190 cm.

Diketahui, NASA saat ini telah mempekerjakan 47 astronot, delapan di antaranya sudah terpilih sebagai astronot angkatan baru selama proses pelamaran terakhir pada 2013.

Namun seiring peluncuran pesawat ulang alik terakhir pada 2011 lalu, beberapa astronot yang sudah terpilih tadi tidak pernah mendapat kesempatan untuk meninggalkan atmosfer Bumi.

Bagaimana dengan Anda, apakah tertarik untuk melamar menjadi astronot NASA?

(Jek/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini