Sukses

10 Smartphone Terbaik Sepanjang 2015 (Bagian 1)

Smartphone manakah yang mampu mencuri hati Anda di tahun ini? Intip ulasannya berikut di bagian pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Gempuran smartphone dengan spesifikasi canggih dan banderolan harga terjangkau bisa dibilang begitu menjamur di tahun ini.

Bukan tidak mungkin, perang antar vendor kembali terjadi dan `membetot`publik, sehingga muncul pertanyaan klasik: "Smartphone mana yang paling terbaik di antara yang terbaik?"

Menutup jilid 2015, tim Tekno Liputan6.com secara khusus akan menyajikan 10 (sepuluh) daftar smartphone terbaik yang patut diperhitungkan eksistensinya.

Menurut yang dilansir Business Insider, Selasa (21/12/2015), kesepuluh perangkat ini ditawarkan dalam harga yang bervariasi, dan tentunya dikemas dengan spesifikasi yang beragam juga.

Nah, smartphone manakah yang mampu mencuri hati Anda di tahun ini? Intip ulasannya berikut di ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

BlackBerry Priv

BlackBerry menepati janji dengan menghadirkan smartphone rasa Android-nya di tahun ini. Smartphone yang telah hadir sejak Oktober 2015 lalu tersebut berjalan di atas sistem operasi Android versi 5.1.1 (Lollipop), yang mengadopsi layar qHD (960x540 piksel) seluas 5,4 inci.

Kemudian, prosesor Qualcomm Snapdragon 808 SoC enam inti atau hexa-core (1.8GHz dual core + 1.44GHz quad core) dipadukan dengan RAM 3GB.

Di sektor ruang penyimpanan, BlackBerry Priv memiliki memori internal 32GB. Jika itu dirasa tidak cukup, pengguna dapat menambahnya sampai 2TB melalui kartu microSD.

Untuk menunjang keperluan fotografi, kamera belakang dan kamera depan dengan resolusi masing-masing 18 megapiksel (MP) dan 2MP siap menjalankan tugasnya.

Bicara soal daya tahan baterai, kapasitas baterai 3.410 mAh terbilang besar, sehingga kapasitas ini dirasa cukup untuk menjadi sumber tenaga segala aktivitas BlackBerry Priv. Sementara untuk harga, Priv dibanderol US$ 749 atau sekitar Rp 10,3 juta.

3 dari 6 halaman

Moto G Third Generation

Smartphone besutan Motorola yang satu ini pun masuk ke daftar terbaik di 2015. Moto G generasi ketiga ini memiliki layar berukuran 4,97 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel.

Smartphone ini disokong prosesor quad-core Snapdragon 410, GPU Adreno 360, dan RAM 1GB. Berdasarkan benchmark AnTuTu, Moto G juga memiliki kamera belakang 13 megapiksel (MP) dan kamera depan 5 MP.

Handset ini diketahui memiliki memori internal 8GB, mendukung konektivitas 4G Long Term Evolution (LTE), dan berbasis sistem operasi (OS) Android 5.1.1.

4 dari 6 halaman

OnePlus 2

Meski baru merilis tiga seri smartphone, startup asal Taiwan ini mampu mengemas seri kedua OnePlus dengan spesifikasi yang sangat 'wah'.

Smartphone ini memiliki kamera utama 13 megapiksel (MP) dengan ukuran piksel sensor 1,3 micron, 35 persen lebih besar dibandingkan kamera smartphone standar.

Spesifikasi lainnya termasuk USB Type-C, sensor sidik jari, kompatibel dengan jaringan 4G Long Term Evolution (LTE), dan baterai 3.300 mAh.

Sayangnya, OnePlus 2 batal masuk ke pasar Indonesia karena terlambat memenuhi uji kelayakan Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI).

5 dari 6 halaman

iPhone 6 Plus

Meski dirilis pada 2014 lalu, iPhone 6 Plus nyatanya masih menjadi favorit bagi sebagian penggunanya hingga tahun ini. Bahkan, menurut data dari jaringan iklan mobile, AppLovin, iPhone 6 Plus ternyata cukup diminati oleh konsumen Asia.

Selain itu, Apple Inc. sempat mengumumkan laporan keuangan perusahaan pada kuartal keempat tahun 2014. Perusahaan asal Cupertino, California itu mengaku mendapatkan angka penjualan yang terbilang tinggi dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang baru dua minggu dipasarkan.

6 dari 6 halaman

Motorola Moto X Style

Satu lagi seri smartphone Moto besutan Motorola masuk ke dalam daftar terbaik 2015. Ya, Moto X Style diklaim memiliki kamera terbaik untuk smartphone sekelasnya. Bahkan, Moto X Style lebih unggul dari iPhone 6 dari sisi kamera.

Pihak Motorola mengungkap, kesempurnaan kamera Moto X Style karena dibekali sensor gambar resolusi 21MP yang juga merupakan ciptaan Sony. Selama ini Sony memang dikenal sebagai perusahaan yang andal dalam menciptakan sensor kamera berkualitas.

Selain mengunggulkan sensor, kamera Moto X Style juga didukung beberapa fitur menarik. Antara lain terdapat lensa wide-angle dengan f/2.0 dual-color flash, phase detection AF, dan video stabilization. Moto X Style dibanderol US$ 400 atau sekitar Rp 5,3 jutaan.

Penasaran dengan sisanya? Anda bisa langsung simak '10 Smartphone Terbaik Sepanjang 2015' di Bagian 2.



(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini