Sukses

Apple Bakal Besut Format Audio Berkualitas Tinggi

Perusahaan asal Cupertion ini dikabarkan sedang menggarap format audio dengan frekuensi 96kHz/24bit

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan mengembangkan sebuah format audio berkualitas tinggi. Informasi ini sendiri diketahui pertama kali dari blog Mac Otakaka asal Jepang.

Mengutip informasi dari laman Business Insider, Selasa (22/12/2015), berdasarkan sumber anonim, perusahaan asal Cupertino itu disebut sedang berusaha untuk mengembangkan format audio dengan kualitas tinggi.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa format audio ini nantinya akan tersedia untuk pendaftar layanan Apple Music mulai tahun depan. Format audio ini nantinya akan memiliki frekuensi 96kHz/24bit. Frekuensi ini jelas lebih tinggi dibandingkan frekuensi CD yang hanya 44.1kHz/16 bit.


Rumor mengenai rencana Apple ini memang sudah dikabarkan sejak tahun lalu. Ketika itu di sebuah gelaran Apple, Bono, vokalis U2, menuturkan bahwa Apple sedang bekerja untuk membuat layanan streaming musik dengan kualitas tinggi.

Tak hanya itu, dalam laporan tersebut juga diketahui bahwa Lightning port yang ada di tiap iPhone versi 5 ke atas ternyata sudah mendukung transfer audio berkualitas tinggi. Oleh karena itu, tidak sedikit pihak yang merasa bahwa Apple memang sudah mempersiapkan hal tersebut.

Kendati demikian, format audio berkualitas tinggi juga memiliki kendala. Salah satu yang paling terasa adalah ukuran file yang terlampau besar. Tak hanya itu, ketika format tersebut diperdengarkan melalui layanan streaming maka diperlukan koneksi internet yang stabil untuk menikmatinya dengan lancar.

Sekedar informasi, format audio berkualitas tinggi untuk saat ini adalah FLAC. Hanya saja, FLAC tidak dapat dimainkan di perangkat pemutar musik besutan Apple, iPod. 

Jadi, dengan rencana ini tidak tertutup kemungkinan Apple berusaha menyediakan alternatif format audio berkualitas tinggi bagi para pengguna perangkat berlogo apel tersebut.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini