Sukses

Tips Redupkan Cahaya iPhone Saat Baca di Malam Hari

Tips ringkas ini dapat membantu pengguna iPhone (minimal iOS 9) untuk melakukan pengaturan cahaya saat membaca.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang yang acapkali sulit tidur di malam hari, membaca merupakan salah satu cara untuk membuat mereka tertidur. Atau barangkali membaca artikel melalui ponsel genggamnya.

Namun, tanpa disadari sebetulnya membaca melalui ponsel akan merusak mata. Terlebih ketika membaca di ruangan gelap dengan kondisi layar ponsel yang terang. Padahal pencahayaan sudah diatur sedemikian rupa.

Nah, berikut ini tips ringkas yang dapat membantu pengguna iPhone (minimal iOS 9) untuk melakukan pengaturan cahaya saat membaca, sebagaimana dikutip dari CNET, Rabu (6/1/2016) 

Sekadar catatan, tips ini mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tak cukup puas dengan meredupkan cahaya pada "slider" bawah. Terutama, bagi Anda yang merasa tak dapat membaca jelas meski sudah ada cahaya. 

Melalui tips ini, Anda bisa mengaktifkan filter cahaya redup (low-light).

1. Pergi ke menu Settings > General > Accessibility > Zoom.

2. Pada bagian atas di laman Zoom, tap untuk mengaktifkannya.

3. Kemudian, gulirkan layar ke bawah dan pilih "Full Screen Zoom" pada "Zoom Region", dan pilih "Low Light" pada "Zoom Filter".

Cara meredupkan cahaya iPhone saat membaca di malam hari. (Corry Anestia/Liputan6.com)

Kini, dengan kemampuan Zoom, Anda dapat men-tap dua kali dengan tiga jari untuk memperbesar atau memperkecil layar. Serta menjaga cahaya iPhone agar tetap sesuai dengan kondisi pencahayaan dalam ruangan.

Agar tak rumit untuk mengaktifkan filter low-light zoom setiap saat , kembali ke "Accessibility" di menu "Settings". Lalu gulir layar ke bawah, ketuk "Accessibility Shortcut" dan pilih "Zoom".

Sekarang, Anda dapat melakukan ketuk tiga kali pada tombol beranda untuk mengaktifkan/menon-aktifkan tampilan zoom dengan low-light. 

(Cas/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini