Sukses

Divisi Robotics Google Ditinggal Pendirinya

Kuffner akan segera bergabung ke salah satu divisi lab riset milik Toyota untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri divisi Robotics di Google, James Kuffner, telah mengundurkan diri dari perusahaan raksasa teknologi tersebut. Hal ini diumumkan sendiri oleh Kuffner saat konferensi Consumer Electronics Show 2016 di Las Vegas.

Kuffner akan segera bergabung ke salah satu divisi lab riset milik Toyota. Divisi baru ini akan mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Hal ini juga menjadi kemunduran bagi Google untuk mendorong pengembangan divisi robotnya secara ambisius.

Tim Robotics telah terkatung-katung setelah ditinggal pendiri utama, Andy Rubin, setahun lalu. Nah, Desember 2015 kemarin, grup Robotics, yang dikenal sebagai Replicant, dilebur ke dalam lab hardware Google X, ketimbang menjadi perusahaan sendiri-sendiri.

"Pada pembelajaran mesin di fase berikutnya, akses terhadap banyak data akan menjadi penting untuk menemukan, memperbaiki masalah, dan membuat sistem yang kuat. Saya rasa Toyota menjadi pilihan tepat untuk melakukan hal itu dengan sumber daya dan data yang mereka miliki," ujar Kuffner kepada PC World usai konferensi, seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (6/1/2016).

Dengan biaya pengembangan hingga US$ 1 miliar, Toyota ingin menghilangkan kesenjangan antara penelitian dasar dan pengembangan produk. 

Tampaknya yang mendorong Kuffner untuk pindah ke sana, mengingat Replicant mengalami banyak kendala dalam merancang produk nyata.

Kabarnya sumber menyebutkan bahwa keputusan Google untuk melebur Replicant menjadi X akan membuat mereka lebih fokus pada grup, dengan membentuk secara spesifik permasalahan nyata di dunia yang dapat diatasi oleh teknologi robot. 

(Cas/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.